Bosan Kebanjiran, Warga Desa Cinunuk Minta Pemerintah Bangun Tanggul

Bosan Kebanjiran, Warga Desa Cinunuk Minta Pemerintah Bangun Tanggul

INILAH,Bandung- Banjir yang akhir-akhir ini sering terjadi di Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung membuat warga resah. Warga meminta pemerintah segera menuntaskan masalah tersebut.

Iwan Ridwan (30)  salah seorang warga Desa Cinunuk mengatakan ada beberapa masalah utama yang menyebabkan banjir kerap menerjang  Desa Cinunuk, khususnya kawasan Kampung Mekarwangi. Yakni jebolmya tanggul air, sehingga air masuk ke pemukiman warga.

"Selama ini biasanya kalau jebol diatasi dengan cara ditambal pakai karung berisi tanah. Tapi karena kurang maksimal dan hujan lebat dengan durasi lama, ya akhirnya air melimpas ke rumah kami," kata Iwan melalui ponselnya, Minggu (16/2/2020).

Iwan dan warga Desa Cinunuk lainnya berharap, pemerintah dapat membangun tanggul yang kokoh. Karena jika hanya mengandalkan tumpukan karung berisi tanah, hasilnya tidak maksimal. Bahkan tak mampu menahan luapan air lebih lama.

"Sekarang juga masih ada 2 tanggul jebol yang belum ditangani. Keinginan kami pemerintah segera membangun atau memperbaiki tanggul yang jebol itu," ujarnya. 

Selain itu kata Iwan, teradapat sebuah selokan yang melintasi jalan. Selokan tersebut hanya diberi gorong-gorong berdiameter 1 meter. Gorong-gorong tersebut tidak mampu  menampung debit air selokan, sehingga mair meluber dan masuk ke pemukiman warga.

"Alangkah baiknya jika pemerintah membangun  jembatan di situ. Supaya air selokan tidak tertahan. Kalau dibangunkan jembatan mah sepertinya tidak akan meluap. Dulu juga lancar, tapi setelah dipasang gorong-gorong, air malah tertahan," katanya. (rd dani r nugraha).