Cegah Banjir, Oded Minta DPU Awasi Tanggul Sungai

Cegah Banjir, Oded Minta DPU Awasi Tanggul Sungai
Wali Kota Bandung Oded M Danial/foto: INILAH/Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial telah menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandung untuk mengantisipasi bencana banjir termasuk meningkatkan kesiagaan.

"Salah satunya saya sudah meminta mereka untuk mengawasi keberadaan tiap-tiap tanggul sungai supaya betul-betul dalam kondisi bagus," kata Oded di The Papandayan Hotel, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung pada Senin (17/2/2020).

Bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kota Bandung, dituturkan dia disebabkan sejumlah persoalan. Tanggul jebol, adalah salah satu faktor penyebab bencana di musim penghujan ini.

"Upaya lainnya kita terus perbanyak kolam retensi juga drumpori. Untuk drumpori sudah mulai dilakukan ya, terutama di kewilayahan-kewilayahan. Drumpori ini saya kira adalah menjadi solusi hemat untuk mencegah banjir, dan pembuatannya pun terbilang sangat begitu mudah," ucapnya.

Selain rencana koordinasi dengan sejumlah kepala daerah dalam upaya penanganan bencana banjir, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung di tahun ini pun, akan melakukan perbaikan drainase.

"Saya kira revitalisasi drainase akan terus kita lakukan di setiap tahun, termasuk pengecekan kondisi dari drainase itu sendiri. Bisa saja ada yang sudah dangkal karena endapan lumpur atau sampah. Di tahun ini juga, Insya Allah kita dapat bantuan dari provinsi untuk drainase," ujar dia. (yogo triastopo)