HJG ke-207, Bupati Rudy Sebut Banyak Persoalan Dihadapi Garut

HJG ke-207, Bupati Rudy Sebut Banyak Persoalan Dihadapi Garut
(Istimewa)

INILAH, Garut- Memasuki usianya ke tahun-207 di 2020 ini, masih banyak persoalan faktual berkaitan kehidupan masyarakat dan pembangunan dihadapi Kabupaten Garut.

Antara lain tingginya angka kemiskinan dan pengangguran, angka kriminalitas, kejahatan seksual, kekerasan terhadap perempuan dan anak, dan lunturnya kultur sosial. 

Juga, belum optimalnya pemenuhan pelayanan dasar pendidikan dan kesehatan,  pekerjaan umum, perumahan dan permukiman,  ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat serta sosial.

Hal itu dikemukakan Bupati Garut Rudy Gunawan pada upacara Peringatan Hari Jadi Garut (HJG) tahun ke-207 di Lapang Oto Iskandardinata/Alun alun Garut, Senin (17/2/2020).

Rudy mengatakan, Kabupaten Garut juga dihadapkan pada belum meratanya pembangunan antarwilayah, serta rendahnya kualitas lingkungan hidup, pengendalian pemanfaatan ruang, dan tingginya risiko bencana. 

Pun belum optimalnya pelaksanaan reformasi birokrasi, kualitas dan akses pelayanan publik, rendahnya daya beli masyarakat, nilai tambah ekonomi dari pemanfaatan hasil pertanian, industri dan perdagangan, serta pariwisata dan jasa produktif lainnya.

"Kita juga masih dihadapkan.  rendahnya realisasi investasi daerah, dan pendapatan daerah," ujarnya.

Menurut Rudy, untuk menangani berbagai permasalahan tersebut, tidak bisa sekadar bergantung pada kinerja birokrasi pemerintah daerah, terlebih dalam tata kelola pelaksanaan tugas birokrasi pemerintah daerah. Terutama pada konteks pelaksanaan program dan kegiatan, senantiasa melibatkan dan bersinergi dengan unsur lain, baik jajaran pemerintah Iainnya, termasuk di dalamnya pemerintah desa, maupun pengusaha dan elemen masyarakat.

"Oleh karenanya, sikap bersungguh-sungguh dalam memajukan Kabupaten Garut, dan menyejahterakan masyarakatnya, harus dimiliki oleh seluruh unsur yang ada di Kabupaten Garut," ingatnya. 

Dia menyebutkan, semuanya harus mendayagunakan secara optimal seluruh potensi maupun sumber daya dimiliki, dan mengembangkan semangat kebersamaan.(zainulmukhtar)