Puncak Musim Hujan Diskar PB Kota Bandung Tingkatkan Siaga

Puncak Musim Hujan Diskar PB Kota Bandung Tingkatkan Siaga

INILAH, Bandung -, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung terus meningkatkan kesiap-siagaan. Hal itu dilakukan menyusul kondisi cuaca yang mulai memasuki puncak musim hujan.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Dadang Iriana mengatakan selalu siaga dalam mengantisipasi terjadinya bencana banjir.

Salah satunya dituturkan dia, melakukan koordinasi dengan kewilayahan termasuk dinas terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung sebagai leading sector. "Termasuk dalam hal mempersiapkan personel, dan mempersiapkan sejumlah perlengkapan penunjang," kata Dadang di The Papandayan Hotel, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung pada Senin (17/2/2020).

Terdekat adalah bencana banjir di Perumahan Guruminda, Kota Bandung beberapa waktu lalu. Diskar PB Kota Bandung, hadir dan membantu dalam upaya penanganan dan pasca penanganan.
"Bila mana diperlukan, kita akan selalu hadir. Contoh terdekat seperti banjir di Guruminda, kita lakukan pembersihan lumpur dengan melakukan penyemprotan dan penyedotan," ucapnya.

Selain kebiasaan buruk, penyebab terjadinya bencana banjir di Kota Bandung dituturkan dia adalah soal tanggul sungai yang tak lagi kuat dalam menahan debit air.

"Kasus tanggul jebol itu terjadi di Guruminda dan di Rancabolang. Dengan debit air yang besar, dan daya tampung sungai yang terbatas, jebol lah tanggul-tanggul ini karena tidak lagi kuat," ujar dia. (yogo triastopo)