Luas Danau Lido Berkurang, DPRD Kab Bogor Ngadu ke PSDA Jabar

Luas Danau Lido Berkurang, DPRD Kab Bogor Ngadu ke PSDA Jabar
Danau Lido, Cigombong, Kabupaten Bogor. (Reza Zurifwan)

INILAH, Cigombong - Berkurangnya luas Danau Lido di Kecamatan Cigombong karena adanya pengurugan diadukan Komisi III DPRD Kabupaten Bogor ke Dinas Sumber Daya Air Provinsi (PSDA) Jawa Barat.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor Sastra Winara mengatakan terkait berkurangnya luas Danau Lido, jajarannya pun sudah mengadukan hal tersebut ke PSDA Jawa Barat.

"Kami sudah adukan perihal berkurangnya luas Danau Lido yang dikarenakan karena telah ada pengurugan yang diduga kuat dilakukan oleh pihak MNC Land, PSDA Jawa Barat berjanji siap menindak lanjuti aduan ini," kata Sastra kepada wartawan, Selasa (18/2).

Politisi Partai Gerindra ini menambahkan selain Danau Lido, sejumlah waduk, setu dan danau lainnya di Bumi Tegar Beriman juga diminta diperhatikan luas dan fungsinya.

"Kabupaten Bogor ini memiliki 95 kantung air yaitu berupa danau, setu dan waduk. Kami tak ingin luasnya berkurang apalagi beralih fungsi hingga meminta PSDA Jawa Barat menginventarisirnya," tambahnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Wawan Haikal menyayangkan berkurangnya luasan Danau Lido. Ia berharap investasi yang masuk ke Kabupaten Bogor tetap ramah lingkungan.

"Harusnya pihak MNC Land menjaga, memperindah dan mempercantik Danau Lido dan bukannya malah mengurangi luas Danau Lido yang akibatnya bisa merusak ekosistem di sekitarnya," ucap Wawan.

Kepada PSDA Jawa Barat ataupun Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, politisi Partai Gerindra ini pun meminta agar menjaga danau, setu maupun waduk.

"Jangankan mengurangi luas, bangunan yang ada di sekitarnya juga harus memiliki minimal jarak hingga tidak melanggar aturan Garis Sepadan Jalan (GSJ)," pintanya.

Anggota Komisi V DPR RI Mulyadi pun ikut memantau berkurangnya luas Danau Lido, pria asli Jonggol ini pun akan membahasnya di Komisi V karena jajarannya bermitra dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU - Pera).

"Informasi masyarakat maupun lainnya bahwa Danau Lido terus berkurang luasnya karena adanya prosea pengurugan akan kamu kaji dan bahas di Komisi V DPR RI, untuk nantinya diambil tindakan lebih lanjut," tukas Mulyadi. (Reza Zurifwan)