Kemenperin Bidik Empat Persen Populasi Penduduk Indonesia Berwirausaha

Kemenperin Bidik Empat Persen Populasi Penduduk Indonesia Berwirausaha
Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih. (antara)

INILAH, Jakarta - Kementerian Perindustrian membidik empat persen dari total populasi penduduk Indonesia untuk berwirausaha pada 2030 seiring dengan target pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju.

“Jadi, kita mengejar supaya wirausahanya itu lebih dari jumlah yang saat ini, karena kita kan harus mencapai 4 persen wirausaha dari jumlah penduduk,” ujar Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih di Tangerang, Banten, Selasa.

Menurut Gati, jumlah wirausahawan Indonesia saat ini masih sekitar 3 persen dari total populasj penduduknya, sehingga masih perlu waktu panjang untuk mencapai target yang ingin dicapai.

Diketahui, Indonesia membutuhkan sedikitnya empat juta wirausaha baru untuk turut mendorong penguatan struktur ekonomi. Sebab, rasio wirausaha di dalam negeri masih sekitar 3,1 persen dari total populasi penduduk.

Meskipun rasio wirausaha di Indonesia sudah melampaui standar internasional, yakni sebesar 2 persen, Indonesia perlu menggenjot lagi untuk mengejar capaian negara tetangga.

Misalnya, Singapura saat ini sudah mencapai angka 7 persen, sedangkan Malaysia berada di level 5 persen. Apabila dihitung dengan populasi penduduk Indonesia sekitar 260 juta jiwa, jumlah wirausaha nasional mencapai 8,06 juta jiwa. (antara)