Atletico vs Liverpool, Pantang Pongah!

Atletico vs Liverpool, Pantang Pongah!
Ilustrasi/Net

JURGEN Klopp menolak status unggulan untuk Liverpool dalam lawatan ke markas Atletico Madrid. "Mereka tetap bahaya," ujarnya.

Banyak faktor yang menguntungkan The Reds jelang duel leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano, Selasa (18/2) dini hari WIB. "Kami menghormati setiap lawan. Tak ada unggulan di lapangan, hanya kerja keras," tegas Klopp.

Klopp memang menaruh hormat tinggi untuk sang lawan. Apalagi, dia mengaku punya kisah yang hampir mirip dengan pelatih Atletico, Diego Simeone.

Klopp sadar, Simeone pelatih yang begitu cerdik. Maka, dia merasa harus benar-benar mempersiapkan timnya dengan sempurna.

Klopp seolah menutup mata dengan tren performa Los Rojiblancos yang sedang ancur-ancuran. Seperti diketahui, Atletico hanya meraih satu kemenangan dari tujuh pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Badai cedera menjadi masalah terbesar yang harus dihadapi Atletico. Tetapi Klopp tetap melihat Alvaro Morata dan kawan-kawan bisa mengalahkan tim manapun meski dengan skuat seadanya. Dia juga menyebut lini pertahanan Atletico sangatlah rapat.

"Perbedaan gol mereka di LaLiga mencetak 25 gol memang tidak terlalu banyak. Tetapi hanya kebobolan 17, terbilang rendah," kata Klopp kepada surat kabar Inggris.

“Mereka memiliki masalah cedera yang masif dalam beberapa pekan terakhir, banyak striker yang hilang. Tapi [Alvaro] Morata ada di bangku cadangan [melawan Valencia pada hari Jumat]. Saya pernah mendengar Diego Costa kembali berlatih dan Joao Felix tersedia, saya cukup yakin," papar pelatih asal Jerman itu.

Demi meraih kemenangan, Klopp mengisyaratkan Liverpool turun dengan kekuatan penuh. Termasuk, memasang Sadio Mane sejak menit awal.

Winger asal Senegal itu menjadi penentu kemenangan Liverpool saat menang 1-0 di markas Norwich City. Dia masuk di babak kedua karena baru pulih dari cedera. Klopp memastikan Mane tampil sebagai starter di kandang Atletico.

"Sadio bisa tampil sebagai starter pada hari ini, tentu saja, tetapi saya ingin memiliki keputusan bebas untuk Selasa (kontra Atletico Madrid) sebenarnya," tandas Klopp.

Sementara itu kiper Atletico Madrid, Jan Oblak percaya diri bisa membawa Los Rojiblancos mengalahkan Liverpool sekaligus melaju ke babak perempat final Liga Champions.

Oblak mengakui laga melawan Liverpool begitu menantang, namun kiper asal Slovenia itu tetap optimistis.

"Liverpool adalah tim besar, tetapi kami akan menghadapi mereka dengan gairah yang besar. Saya tidak ragu jika segala sesuatu berjalan baik, kami bisa melaju ke perempat final," ujar Oblak dikutip dari Marca.

Oblak menjadi salah satu kunci Atletico melaju ke babak 16 besar. Mantan kiper Benfica itu selalu menjadi pilihan utama di bawah mistar dalam Liga Champions musim ini. Dari enam kali tampil, Oblak hanya kebobolan lima gol.

Dalam catatan statistik opta, Oblak setidaknya mampu melakukan 11 penyelamatan dari 16 tembakan lawan ke gawang Atletico di fase grup.

Gawang Los Colchoneros pun menjadi salah satu yang sedikit kebobolan di fase grup. Catatan kebobolan Atletico hanya kalah dari Barcelona, Napoli, Juventus, Manchester City, dan Paris Saint-Germain. (bsf)

HEAD TO HEAD
03/08/17: Liverpool 1-1 Atletico
30/04/10: Liverpool 2-1 Atletico
23/04/10: Atletico 1-0 Liverpool
08/08/09: Liverpool 1-2 Atletico
05/11/08: Liverpool 1-1 Atletico

LIMA LAGA TERAKHIR ATLETICO
15/02/20: Valencia 2-2 Atletico
09/02/20: Atletico 1-0 Granada
01/02/20: Madrid 1-0 Atletico
26/01/20: Atletico 0-0 Leganes
24/01/20: Leonesa 2-1 Atletico

LIMA LAGA TERAKHIR LIVERPOOL
16/02/20: Norwich 0-1 Liverpool
05/02/20: Liverpool 1-0 Shrewsbury Town
01/02/20: Liverpool 4-0 Southampton
30/01/20: West Ham 0-2 Liverpool
27/01/20: Shrewsbury 2-2 Liverpool

PRAKIRAAN PEMAIN
Atletico Madrid (4-4-2)

Oblak (GK) Arias, Savic, Gimenez, Lodi (B) Vitolo, Koke, Thomas, Saul (T) Morata, Correa (D)
Pelatih: Diego Simeone
Liverpool (4-3-3)
Alisson (GK) Arnold, Gomez, van Dijk, Robertson (B) Handerson, Fabinho, Wijnaldum (T) Salah, Firmino, mane (D)
Pelatih: Jurgen Klopp