Dortmund vs PSG, Horor Haaland

Dortmund vs PSG, Horor Haaland
Erling Haaland. (Net)

ERLING Haaland jadi pemain yang paling diwaspadai Paris Saint Germain kala meladeni Borussia Dortmund. Mampukah diredam?

PSG bertamu ke markas Dortmund, Signal Iduna Park dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (19/2) dini hari WIB. Haaland jadi pemain lawan yang paling banyak dibicarakan di ruang ganti Les Parisiens.

Bek PSG Thiago Silva bahkan tak ragu memuji kehebatan Haaland. Namun bek asal Brasil itu juga memastikan bahwa timnya siap untuk mematikan bomber asal Norwegia tersebut, jelang pertemuan di Liga Champions.

Haaland memang brilian. Dia mencetak 9 gol hanya dalam enam laga pertamanya bersama Dortmund.
Rata-rata putra dari Alf-Inge Haaland itu berhasil mencetak 1 gol setiap 38,8 menit. Padahal ia baru bergabung bersama Die Borussian dari RB Salzburg pada Januari 2020.

“Dia mencetak banyak gol. Sembilan gol dalam enam pertandingan, itu luar biasa, itu sangat besar,” kata Thiago kepada RMC Sport. 

“Tetapi bagi kami itu luar biasa untuk bermain melawan pemain seperti itu, terutama karena ia baru memulai karirnya. Dia sangat termotivasi, begitu juga PSG."

Walau pun mengakui kehebatan Haaland, namun Silva memastikan bahwa timnya siap untuk mematikan pergerakan sang pemain. Pada pertandingan nanti Silva kemungkinan akan berduet dengan Presnel Kimpembe di jantung pertahanan PSG.

“Apakah kita takut? Kita tidak takut, tetapi kita memiliki banyak rasa hormat,” pungkasnya.

Haaland sendiri mengaku begitu bergairah untuk membobol gawang PSG. Apalagi, dia merasa semakin percaya diri lantaran mendapat dukungan dari para fans yang dipastikan memadati Signal Iduna Park.

Dortmund memang punya fans fanatik. Dan laga melawan PSG, begitu menyita perhatian mereka. Para suporter di tribun Selatan yang dikenal sebagai wilayah ‘The Yellow Wall’ adalah kerumunan massa suporter yang sangat militan.

“Gilak, rasanya luar biasa sekali dan tidak pernah saya alami sebelumnya,” puji Erling Haaland saat menggambarkan hebohnya mencetak gol di depan ‘Die Gelbe Wand’ alias The Yellow Wall.

Menghadapi PSG, Haaland berharap kembali menjalani momen serupa. "Mereka (PSG) tim besar dengan pemain-pemain hebat. Saya sangat menantikan pertarungan ini," lugasnya.

Sementara itu Pelatih PSG Thomas Tuchel menyebut timnya dalam bentuk mental terbaik untuk melawan segala intimidasi di markas Dortmund.

"Sudah biasa laga tandang memunculkan banyak hal-hal yang bisa menggangu mental. Tetapi saya memiliki pemain-pemain yang terbiasa untuk itu," tegasnya.

Di sisi lain penyerang PSG, Neymar meminta timnya tak hanya fokus pada pergerakan Haaland. Menurutnya, Die Borussiens punya pemain-pemain yang tak kalah berbahaya. Jadon Sancho salah satunya.

“Dortmund punya pemain yang bisa membuat perbedaan. Jadon adalah pemain yang saya sangat suka tonton dan dia adalah pemain hebat dengan kualitas luar biasa. Mereka adalah tim yang punya banyak pemain berkualitas,” lugas Neymar. (bsf)