Cegah Stunting, Oded Minta Semua Balita Dapat Vitamin A

Cegah Stunting, Oded Minta Semua Balita Dapat Vitamin A
Istimewa

INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta kewilayahan memastikan seluruh balita memperoleh Vitamin A. Hal itu agar anak-anak di Kota Bandung memperoleh gizi yang cukup dan terhindari dari stunting.

Hal itu dikemukakan Oded setelah menghadiri acara pemberian vitamin A kepada balita di Posyandu Sejahtera RW 03, Jalan Pandu, Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Cicendo, Kota Bandung pada Selasa (18/2/2020). 

“Pemberian vitamin A ini satu tahun dua kali, di bulan Februari dan bulan Agustus. Saya harap dengan upaya ini, anak-anak bisa makan makanan yang bergizi,” kata Oded.

Ditegaskan dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bertekad untuk mencegah stunting terhadap anak-anak. Anak-anak di Kota Bandung, diharapkan menjadi bibit unggul dan menjadi bonus demograsi di 2045 mendatang.

“Ini dalam rangka merespon positif dalam bonus demografi pada tahun 2045. Karena nantinya, anak-anak ini manjadi generasi pengganti kita memimpin indonesia. Maka harus disiapkan mulai dari sekarang kesehatannya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Bandung, Siti Muntamah Oded mengatakan, pemahaman keluarga sangat penting dalam memberikan kesehatan kepada anak. Salah satunya dengan memberikan vitamin A. 

Wanita yang karib disapa Umi ini pun lantas mengapresiasi dengan hadirnya Posyandu di tengah-tengah masyarakat. Menurut dia, Posyandu mampu memberikan pelayanan kesehatan bagi anak-anak bahkan lansia. 

“Posyandu menjadi unit yang terus berdenyut. Posyandu hadir untuk memastikan balita memperoleh makanan bergizi yang sehat dan aman. Protein yang cukup sayur dan buah,” kata Umi.   

Di tempat yang sama, Camat Cicendo Bira Gumbira mengungkapkan, Kecamatan Cicendo siap melaksanakan Bulan Vitamin A. Dari jumlah 75 Posyandu yang berada di Kecamatan Cicendo, sebanyak 64 posyandu dan Puskesmas Pasirkaliki dan Puskesmas Sukaraja telah melaksanakannya. 

“Kita akan dorong terus warga untuk rutin mengecek balitanya ke puskesmas,” kata Bira. (yogo triastopo)