DPRD Jabar Minta Sistem Pelayanan Pajak Dipermudah

DPRD Jabar Minta Sistem Pelayanan Pajak Dipermudah

INILAH, Bandung – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, meminta sistem pelayanan pajak bagi masyarakat dipermudah, demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dalam kunjungannya ke Kantor Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Wilayah Kota Bandung dan P3D Wilayah Kota Cimahi, Wakil Ketua Komisi III DPRD Jabar, Sugianto Nanggolah mengatakan, sudah seharusnya sistem pelayanan pajak bagi masyarakat dibuat lebih sederhana, sehingga kesadaran masyarakat untuk taat pajak semakin meningkat.

Menurutnya, mekanisme proses pembayaran pajak yang rumit, membuat masyarakat enggan memenuhi kewajibannya. Hal tersebut tentu saja diyakininnya akan memengaruhi pendapat daerah Jabar, karena banyak yang tidak terserap.

“Tahun ini, potensi untuk mendapat penambahan pendapatan ini sangat besar. Jadi kami berharap agar pelayanan ke masyarakat juga bisa maksimal, sehingga tidak menganggu serapan pendapatan bagi Jawa Barat,” ujar Sugianto, Selasa (18/2/2020).

 Selain itu, pihaknya juga menyayangkan karena masih ada masalah terkait banyaknya kendaraan yang masih belum melakukan daftar ulang, hal ini tentu saja menurutnya akan menurunkan pendapatan daerah dari pajak kendaraan.

“Kami harap, stakeholder terkait dapat untuk bersama-sama menanggulangi permasalahan tersebut,” imbuhnya. (Yuliantono)

Best regards,