PTKIN Se-Indonesia Gelar KKN Nusantara di Desa Oeteta

PTKIN Se-Indonesia Gelar KKN Nusantara di Desa Oeteta
KKN Nusantara di Desa Oeteta. (istimewa)

INILAH, Bandung - Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara tahun 2020.

Tempatnya di Ambon dan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang diikuti 28 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia, sebanyak 53 mahasiswa langsung turun ke daerah.

Di Provinsi Nusa Tenggara Timur, peserta KKN Nusantara bertempat di Desa Oeteta, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, terdiri atas Nisa Afifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, M Fahrurrozi UIN Mataram, Nur Kholis UIN Surabaya, Bambang Irawan UIN Riau, Yfa Alfiana IAIN Kudus, Wirdayanti IAIN Palu, Maulidia Safitri IAIN Cirebon, dan Bagus Abdurrahim IAIN Samarinda.

Kedelapan mahasiswa KKN Nusantara bersama masyarakat setempat berhasil menciptakan produk Loreta Nusantara (Kelor Oeteta Nusantara) hingga melakukan pelatihan olahan kelor, sosialisasi, serta penanaman kelor bertajuk "Kelor Pemersatu Bangsa".

Nisa Afifah --mahasiswa UIN SGD Bandung, Jurusan Hukum Pidana Islam, Fakultas Syari’ah dan Hukum-- menuturkan, KKN Nusantara di Desa Oeteta dengan membudidayakan tanaman yang tumbuh subur di Desa Oeteta. Produk dari pohon kelor tersebut diberi nama Loreta Nusantara.

"Kelor, tanaman yang mudah ditanam masyarakat dan tidak perlu memakai pupuk yang ribet dan tidak boleh memakai pestisida. Meski masyarakat menganggap kelor sebagai tanaman pengusir setan. Padahal kelor sendiri kaya akan nutrisi," ujar Nisa, Selasa (18/02/2020).

Dia menyebut, upaya memberikan edukasi tentang tanaman kelor, di antaranya peserta KKN Nusantara melakukan berbagai acara mulai dari pelatihan olahan kelor, sosialisasi, sampai penanaman kelor bersama.

"Tanpa melupakan misi utama KKN Nusantara yaitu moderasi beragama. Setiap kegiatan selalu melibatkan dan dihadiri dari berbagai unsur agama mulai dari masyarakat, tokoh agama Islam, Kristen Protestan, dan Katolik. KKN ini sebagai pemersatu di Desa Oeteta,” kata Nisa.

Menurutnya, kegiatan selama KKN Nusantara dari mulai pelatihan olahan kelor, sosialisasi, dan penanaman kelor, ini menjadi bukti indahnya moderasi beragama. Di Desa Oeteta yang sangat menjunjung tinggi toleransi ini, karya nyata mahasiswa KKN Nusantara menjadi langkah awal peningkatan ekonomi dengan produk Loreta Nusantara-nya. (okky adiana)