XL Axiata Berikan Bantuan dan Pastikan Jaringan Normal di Lokasi Longsor KBB

XL Axiata Berikan Bantuan dan Pastikan Jaringan Normal di Lokasi Longsor KBB
istimewa

INILAH, Bandung - Bencana longsor yang menerjang Kampung Hegarmanah, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB) melumpuhkan aktivitas sebagian besar warga. 

Berdasarkan data di lapangan, tercatat sedikitnya 10 rumah tertimbun dan 80 rumah warga terancam apabila terjadi longsor susulan. 

Untuk itu, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak dan memastikan kondisi jaringan tetap bisa beroperasi secara normal. Tim XL Axiata menyerahkan bantuan tanggap darurat secara langsung kepada Kepala Desa Sukatani Dede Supriadi di lokasi bencana, Senin (17/2/2020). 

Regional Group Head Central Region XL Axiata Rd Sofia Purbayanti mengatakan, bantuan tersebut sebagai bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat di KBB.

"Kami turut prihatin atas bencana longsor yang melanda beberapa daerah di Jawa Barat seperti Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung. Bantuan telah kami salurkan segera untuk meringankan beban warga yang menjadi korban. Selain itu, kami memastikan layanan XL Axiata di beberapa titik terdampak bencana tetap beroperasi secara normal," katanya.

Sofia menambahkan, tim XL Axiata akan terus bersiaga baik dari sisi kesiapan jaringan maupun bantuan darurat lainnya untuk mengantisipasi dampak berkelanjutan dari perubahan cuaca ini. Bantuan tanggap darurat dari XL Axiata berupa bahan makanan, obat-obatan, dan air bersih. 

Untuk penyaluran bantuan, tim XL Axiata bekerjasama dengan aparat setempat untuk memastikan proses distribusinya sampai ke warga yang membutuhkan. Selain memastikan terpenuhinya pasokan bantuan tanggap darurat, XL Axiata pun akan terus memantau kondisi perangkat dan jaringan di area ini agar dapat terus beroperasi di situasi darurat bencana banjir saat ini.

Agar jaringan terus beroperasi dengan normal, XL Axiata telah menempatkan beberapa petugas untuk terus berjaga selama masa rawan bencana banjir ini. Selain itu, tim teknis telah menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan apabila terjadi kondisi darurat seperti genset dan bahan bakar tambahan untuk keperluan infrastruktur BTS.

Kesiapan yang sama juga tim teknis XL Axiata laksanakan di seluruh wilayah rawan bencana di Jawa Barat guna mengantisipasi cuaca buruk yang melanda beberapa pekan terakhir. Tim XL Axiata juga melakukan pemantauan atas kondisi masyarakat di daerah-daerah rawan bencana, baik banjir maupun tanah longsor, guna menyiapkan bantuan darurat jika memang diperlukan sewaktu-waktu. 

Manajemen XL Axiata juga memberikan perhatian lebih pada penanganan bencana, bahkan juga telah menjalin kerjasama dengan aparat terkait, termasuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) di sejumlah daerah. (*)