Jelang MTG 2020 Jabar, Kafilah Kota Bandung Masuk Kawah Candradimuka

Jelang MTG 2020 Jabar, Kafilah Kota Bandung Masuk Kawah Candradimuka
Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Bandung, Ema Sumarna beri pengarahan kepada kafilah Kota Bandung. (istimewa)

INILAH, Bandung - Jelang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Jawa Barat XXXVI/2020, sebanyak 54 khafilah Kota Bandung mengikuti pembinaan tahap 1 di Hotel Grand Pasundan, Jalan Peta Kota Bandung, 16-20 Februari ini. Pembinaan ini merupakan upaya Kota Bandung mempertahankan gelar juara umum pada MTQ yang bakal digelar di Subang, April mendatang.

Para peserta merupakan adalah khalifah terbaik pada MTQ Ke-45 tingkat Kota Bandung tahun 2017. Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, pola pembinaan di Kota Bandung sudah terstruktur dengan baik. Hal itu ditunjukkan dengan besarnya dukungan Pemkot Bandung.

Pemkot Bandung memberikan fasilitas yang representatif, mulai dari transportasi dan fasilitas lainnya demi menunjang kebutuhan yang cukup dalam menghadapi perlombaan nantinya.

"Komitmen pemerintah tidak kendur. Mulai dari akomodasi itu, menjadi kebutuhan sesuai pagu (anggaran) dan kemampuan dimiliki jangan sampai ada kekurangan," ujarnya Ema saat membuka acara.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi media evaluasi untuk lebih maksimal menghadapi perlombaan, mulai dari sisi kesehatan sampai kesiapan mental. "Pembinaan ini sebagai media evaluasi. Ada 11 cabang. Kita atur ritme dan strategi. Dari sisi kesehatan, mental, dan suara terjaga," kata Ema yang juga Sekda Kota Bandung.

Pada pembinaan ini, sebanyak 32 pakar yang terdiri dari hakim MTQ tingkat Kota Bandung hingga nasional turut terlibat.

Cabang dan golongan pembinaan tahap 1 kali ini, di antaranya cabang tilawah Alquran golongan kanak-kanak, remaja, dewasa, cacat netra putra putri. Cabang murotal Alquran putra dan putri. Cabang Qiroat Sabah golongan mujawwad dewasa putra putri, dan golongan murotal remaja putra dan putri.

Selain itu, cabang tahfiz Alquran golongan 1 dan 5 juz tilawah putra putri. Golongan 10 juz, 20 juz, 30 juz putra putri. (sur)