Mengejutkan! Ini Hasil Tes Psikologi 3 Petinggi Sunda Empire

Mengejutkan! Ini Hasil Tes Psikologi 3 Petinggi Sunda Empire
Ilustrasi/Ridwan Abdul Malik

INILAH, Bandung - Pemeriksaan psikologi terhadap tiga petinggi kelompok Sunda Empire sudah rampung. Hasilnya, ketiga tersangka dinyatakan tidak mengalami gangguan jiwa.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga, mengatakan, hasil daripada tes psikologi menyatakan bahwa Nasri Bank, Raden Ratna Ningrum dan Ki Ageng Raden Rangga Sasana dalam keadaan sehat. Oleh karena itu, penyidikan pun dipastikan akan terus berlanjut.

"Dari ketiga suspect (Tersangka) Sunda Empire tidak mengalami gangguan jiwa, dan layak untuk disidik atau penyidikan bisa dilanjutkan," ucap Erlangga saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (19/2/2020).

Saat disinggung terkait proses pengungkapan klaim dana deposito milik Sunda Empire di Bank Swiss. Erlangga mengungkapkan, pihaknya masih menunggu hasil dari Kedutaan Besar Swiss.

"Belum, masih nunggu (deposito)," pungkasnya.

Perlu diketahui sebelumnya, pengusutan kasus Sunda Empire diawali dari adanya laporan dari budayawan yang merupakan Ketua Majelis Adat Sunda, Ari Mulia. Sejumlah saksi ahli dari budayawan dan sejarawan juga dilibatkan dalam pemeriksaan terhadap kelompok Sunda Empire.

Akhirnya polisi menetapkan tiga orang tersangka diantaranya Nasri Bank sebagai Perdana Menteri, Raden Ratna Ningrum sebagai Kaisar, dan Ki Ageng Raden Rangga Sasana sebagai Sekretaris Jenderal Sunda Empire. Ketiganya pun ditahan di rutan Mapolda Jabar terhitung tanggal 28 Januari 2020.

Adapun sejumlah barang bukti satu lembar sisilah kerajaan Sunda Empire, surat pernyataan Sunda Empire, selembar pengambilan sumpah Sunda Empire, selembar bukti deposito bank DBS, dan selembar setoran tunai bank.

Polisi pun menjerat ketiganya dengan Pasal 14 dan atau 15 undang-undang RI No. 1 tahun 1946, dengan ancaman hukuman setinggi-tingginya 10 tahun. (Ridwan Abdul Malik)