Bus Wisata C'pot Dukung Piala Dunia U-20

Bus Wisata C'pot Dukung Piala Dunia U-20
Kadishub Kab Bogor Ade Yana Mulyana. (Reza Zurifwan)

INILAH, Bogor - Jika Kota Bandung punya bus wisata Bandung Tour On Bus (Bandros) dan Kota Bogor punya bus wisata Uncal, maka Kabupaten Bogor akan punya bus wisata C'pot. Bus wisata C'pot ini merupakan bantuan dari Pemprov Jawa Barat.

"Tahun ini Pemkab Bogor mendapatkan bantuan satu unit bus wisata C'Pot dari Pemprov Jawa Barat, nama C'Pot sendiri diambil dari tagline Kabupaten Bogor yaitu City of Sport and Tourisme," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor Ade Yana Mulyana kepada wartawan, Rabu (19/2).

Pria yang lama berkarir sebagai Camat di banyak wilayah ini menambahkan keberadaan bus wisata C'pot akan mempromosikan dan  mendukung ajang World Cup U - 20 yang akan berlangsung di tahun 2021 mendatang.

"Bus wisata C' pot ini akan mempromosikan dan mendukung ajang Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong hingga bus wisata ini trayeknya hanya seputar Cibinong Raya saja dulu," tambahnya.

Ade menuturkan setelah ajang Piala Dunia U-20 selesai,  maka bus wisata C'pot ini akan terintegrasi dengan rencana pembangunan Transit Of Development (TOD) Susukan, Sentul maupun beberapa objek wisata.

"Seperti di Kota Bogor dan Kota Bandung, bus wisata C'pot ini juga akan beroperasi di akhir pekan atau hari libur, harapannya tentu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Bumi Tegar Beriman," tutur Ade.

Agar tidak berpolemik seperti di Kota Bogor, Dishub Kabupaten Bogor pun akan menggunakan bus wisata C'pot ini setelah Surat Tanda Nomor Kendaraannya (STNK) terbit dari Polda Jawa Barat.

"Tentunya bus wisata C'pot baru akan baru mengaspal di Cibinong Raya setelah kita menerima STNKnya, dalan waktu dekat bus wisata ini akan tiba dari Bandung dan diserah terimakan ke Bupati Bogor Ade Yasin," lanjutnya. 

Terpisah, Camat Cibinong Bambamg Widodo Tawekal sangat senang wilayahnya 'dihadiahi' bus wisata C'Pot. Ia optimis perekonomian masyarakat bakal meningkat seiring tumbuhnya objek - objek wisata di Kecamatan Cibinong.

"Kecamatan Cibinong selain ada wisata olahraga dan kuliner juga punya Kebun Raya Cibinong yang pengelolaannya bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) hingga kalau ada bus wisata C'pot maka saya tambah optimis ekonomi masyarakat terutama pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) akan meningkat," tukas BWT sapaan akrabnya.
(Reza Zurifwan)