Review Realme C3: Performa Gegas dan Memuaskan

Review Realme C3: Performa Gegas dan Memuaskan

REALME memperkenalkan smartphone entry-level-nya, Realme C3, di Indonesia,Rabu (19/2/2020). Lineup C adalah seri yang paling terjangkau dari semua ponsel Realme, dan perusahaan mengklaim telah membuat total penjualan 10 juta untuk smartphone Realme C1 dan Realme C2 sebelumnya.

Sejumlah peningkatan pertama yang diberdayakan adalah prosesor MediaTek Helio G70 yang baru. Fitur utama lainnya termasuk tiga kamera,baterai besar, dan banyak lagi.

Tetapi apakah semua ini menjadikannya smartphone terbaik di kelasnya? Untuk itu INILAHCOM sudah melakukan pengujian selama sepekan bersama ponsel ini. Mari simak ulasan review-nya berikut ini.

Desain

Realme C3 mengadopsi desain 'Sunrise' baru yang pertama kali diperkenalkan pada realme 5i. C3 hadir dalam dua pilihan warna - Blazing Red dan Frozen Blue, dan INILAHCOM mendapat varian warna Frozen Blue yang terlihat memukau dalam warna itu.

Ketika dipegang dengan cahaya terang di siang hari, bagian kiri atas di panel belakang menghasilkan semacam pola sinar matahari yang bagus dan terlihat menakjubkan bisa dilihat pada gambar di atas.

Realme memilih untuk menyediakan port microUSB untuk yang satu ini. Ini membuat ponsel tidak ada peningkatan dibanding pendahulunya.

Sebagai perbandingan, Redmi 8 dan Redmi 8A keduanya telah ditingkatkan ke port Type-C yang lebih baru. Ponsel ini masih memiliki jack headphone 3.5mm.

Urusan layar HD + 6,5 inci dengan rasio aspek 20: 9 tinggi. Menurut penulis ini adalah rasio aspek terbaik di mana Anda dapat melihat konten, apakah itu di Netflix, YouTube atau di mana pun. Tampilan yang satu ini berkinerja baik di dalam ruangan.

Realme C3 memamerkan layar drop HD+ mini 6,52 inci dengan resolusi 720 x 1600 piksel dan rasio layar-ke-tubuh 89,8 persen. Ini adalah panel 2.5D dengan 269 PPI dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3.

Mini drop notch mirip dengan smartphone Realme lainnya yang telah diluncurkan baru-baru ini, Realme 5s dan Realme 5i.

Datang ke kualitas tampilan, ini adalah panel HD+ yang sama yang digunakan dalam Realme 5s dan Realme 5i dan kualitas panel cukup baik.

Warna-warna cerah dengan jumlah ketajaman yang layak dan Anda dapat menyesuaikan suhu warna dengan tiga opsi - Cool, Default, dan Warm yang disediakan di bawah Pengaturan.

Warnanya sedikit lebih baik dibandingkan dengan Realme 5i tetapi bukan tampilan paling tajam yang kami lihat di segmen ini. Karena itu, kecerahan puncak tampaknya berada di sisi yang lebih rendah dibandingkan dengan Realme 5s dan Realme 5i.

Sistem Operasi

Realme C3 adalah smartphone pertama yang datang dengan Realme UI v1.0 yang telah diinstal sebelumnya dengan patch keamanan Desember 2019 dan yang terbaik adalah, ini sudah berjalan pada Android 10.

Realme UI berada di atas Color OS 7, tetapi merupakan keberangkatan utama dalam hal desain dari Color OS 6 dan dilengkapi dengan antarmuka pengguna yang dirubah, gaya ikon yang dapat disesuaikan, wallpaper animasi, koneksi dua earphone, perlindungan informasi pribadi, mode fokus, sistem Mode gelap -lebar, perekaman layar dengan perekaman audio internal, sidebar pintar, kalkulator mengambang, efek lampu layar, dan banyak lagi.

Kembali pada bulan Desember tahun lalu, Realme mengumumkan akan menampilkan 'rekomendasi konten' kepada pengguna realme atau dengan kata lain iklan di bagian UI tertentu.

Pada Realme C3, kami menjumpai iklan di toko tema dan halaman Pemeriksaan Keamanan ketika aplikasi baru dipasang dari Play Store. Iklan tidak mengganggu dan untungnya, pengguna dapat memilih untuk mematikannya dengan pergi ke Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Dapatkan Saran > Matikan.

Tidak seperti Color OS 6, Realme UI pada Realme C3 tidak datang dengan banyak bloatware yang merupakan perubahan yang disambut baik.

Untuk urusan streaming video, ia tidak memiliki sertifikasi Widevine L1 dan ini berarti Anda tidak dapat menikmati konten HD di NetFlix dan Amazon Prime. Dan untuk penguncian wajah, kami uji cukup cepat dan berfungsi seperti yang diharapkan.

Kamera

Satu yang berbeda dengan pasar India, Realme C3 di Indonesia menampilkan pengaturan triple-kamera ke belakang dan merupakan kombinasi 12MP (primer dengan bukaan f / 1.8) + 2MP (sensor kedalaman dengan bukaan f / 2.4) + 2MP (sensor kedalaam dengan bukaan f/ 2.4).

Kamera utama memiliki sensor 1/2-inci dengan ukuran piksel 1,12m dan kamera kedua memiliki sensor 1/5-inci dengan ukuran piksel 1,75m. Kamera depan hadir dengan resolusi 5MP dengan aperture f / 2.4.

Aplikasi kamera stok menawarkan mode seperti Time-Lapse, Slo-Mo, Pro, Panorama, dan memiliki pengenalan adegan AI, Filter, Chroma Boost, Beautify, HDR, dll.

Datang ke kualitas gambar, di siang hari dan kondisi pencahayaan alami, foto-foto keluar cukup baik dengan jumlah detail yang layak. Warnanya cerah dan jangkauan dinamis juga bagus.

Mode HDR cukup agresif dan dorongan kroma cenderung sedikit melebihi saturasi warna. Mode potret berfungsi seperti yang diharapkan dan deteksi tepi juga cukup bagus.

Gambar yang diambil dalam pencahayaan buatan dan kondisi pencahayaan rendah tidak terlalu bagus dan noise merayap masuk.

Dalam hal video, dapat memotret hingga 1080p pada 30 fps, video gerak lambat dalam 480p pada 30 fps, dan kualitas dari rekaman cukup baik. Swafoto dari kamera 5MP depan benar-benar di atas rata-rata.

Untungnya, ada dukungan penuh untuk Camera2API termasuk dukungan RAW, tetapi harus dilihat apakah port Google Camera yang berfungsi akan dirilis oleh pengembang.

Secara keseluruhan, ini adalah pengaturan kamera rata-rata dan ini bukan kamera terbaik yang kami lihat di segmen harga ini.

Ada banyak ruang untuk perbaikan, dan kami berharap, penerus C3 akan mengemas optik yang lebih baik.

Lihat contoh kamera di bawah ini

Hasil kamera belakang:

Kamera Depan:

Performa