Dirut PT KAI dan Bupati Uji Coba Operasi KA Cibatu-Garut

Dirut PT KAI dan Bupati Uji Coba Operasi KA Cibatu-Garut
Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro bersama Bupati Garut Rudy Gunawan, Wabup Helmi Budiman, para pejabat Pemkab Garut, dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Garut melakukan uji coba pengoperasian jalur kereta api (KA) Cibatu-Garut, Rabu (19/2/2020). (Zainulmukhtar)

INILAH, Garut-  Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro bersama Bupati Garut Rudy Gunawan, Wabup Helmi Budiman, para pejabat Pemkab Garut, dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Garut melakukan uji coba pengoperasian jalur kereta api (KA) Cibatu-Garut, Rabu (19/2/2020).

Rombongan menumpangi kereta inspeksi 4 dari Stasiun Cibatu menuju Stasiun Garut melintasi Stasiun Pasir Jengkol, dan Stasiun Wanaraja.

Menurut Dirut PT KAI Edi Sukmoro, pengecekan jalur reaktivasi Cibatu – Garut dilakukan untuk memastikan perkembangan terakhir proyek reaktivasi yang sudah hampir seluruhnya selesai. KAI juga telah beberapa kali menguji kekuatan jalur agar aman saat dilalui kereta api.

Edi menyebutkan, Stasiun Garut nantinya dikembangkan menjadi stasiun megah, dan lengkap, terdiri atas dua bangunan utama sisi utara pada sisi utara, dan bangunan tiga lantai pada sisi selatan. Dibangun juga masjid berukuran besar, hotel, bangunan multifungsi, kafe, menara pandang, dan fasilitas penunjang lain.

“Mudah-mudahan dengan dioperasikannya lagi jalur ini akan bermanfaat bagi perekonomian di wilayah Garut, dan sekitarnya yang memang dari dulu sudah dikenal akan potensi wisatanya,” kata Edi.

Dia menyebutkan, jalur KA Cibatu-Garut semula diresmikan pada 1889, dan merupakan bagian penting dari sejarah Kabupaten Garut. Selain untuk angkutan barang, jalur tersebut dahulu digunakan sebagai angkutan penumpang, seperti wisatawan asal Eropa yang ingin berlibur di wilayah Garut.

Edi sempat memuji suasana Garut yang dinilainya nyaman. Terlebih melihat sambutan antusias masyarakat di sepanjang jalur terlewati saat melakukan uji coba jalur Cibatu-Garut itu.

Pada ksesempatan tersebut, PT KAI juga memberikan sebanyak 300 paket alat tulis kepada anak-anak sekolah di beberapa titik jalur reaktivasi Cibatu-Garut. (zainulmukhtar)