Ini Tiga Kunci Tingkatkan Pariwisata Jabar I

Ini Tiga Kunci Tingkatkan Pariwisata Jabar  I
Ilustrasi/Net

NILAH, Bandung - Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, M. Achdar Sudrajat mengatakan ada tiga kunci yang diyakini dapat meningkatkan potensi wisata di Jabar.

 Menurutnya, tiga elemen penting untuk membangun desa wisata mandiri adalah, pemerintah setempat wajib mengenal potensi daerah wisata yang ada, melakukan perencanaan yang jelas dan matang, serta dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Jika ketiga faktor tersebut dimaksimalkan secara berkesinambungan, dia percaya usaha dalam membangun daerah wisata akan membuahkan hasil positif.

"Perlu adanya aspek kerjasama antar stakeholder di desa serta kesadaran mendasar dari setiap masyarakat dengan potensi desa yang dimiliki untuk membangun desa wisata yang sukses,” ujar Achdar usai mengunjungi Desa Wisata Ponggok, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (18/2/2020).

Dia menyayangkan, sejauh ini banyak desa wisata yang tersebar di Jabar belum dimaksimalkan dengan baik. Padahal, pemanfaatan pariwisata secara efektif tidak hanya berdampak dengan menambahnya pendapatan bagi daerah, tetapi juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Hal ini menurutnya menjadi salah satu tugas penting pemerintah, dalam meningkatkan potensi yang ada.

"Jawa Barat memiliki banyak desa wisata sehingga menjadi pekerjaan rumah untuk dapat me-manage penganggaran untuk pemanfaatan pariwisata di Jawa Barat,” sambung Achdar.

Pada kesempatan yang sama, anggota Bapemperda, Yunandar Eka Perwira menambahkan, pemerintah Jabar perlu mencontoh keberhasilan Desa Wisata Ponggok dalam membangun desa wisata potensial yang tersebar di 27 kabupaten dan kota. Pengelolaan yang baik, membuat Desa Wisata Ponggok dapat mandiri secara ekonomi.

“Pendapatan desa-nya mencapai 16 milyar tahun 2018 yang lalu. Itu menunjukan suatu hal yang luar biasa diantara desa-desa yang lainnya yang hanya 1 Milyar. Bagaimana meningkatkan dan mempertahankan nilai jual dari wisata yang ada, sehingga turis tetap datang kembali itu menjadi salah satu kunci membangun desa wisata di Jawa Barat,” ucap Yunandar.

Yunandar berharap, semua elemen baik dari pemerintah setempat serta masyarakat, mampu bekerjasama dengan baik untuk meningkatkan nilai jual desa wisata yang ada di Jabar.

"Kunci kedepannya ialah pemahaman yang menyeluruh, dari semua lapisan. Terutama pemangku kebijakan di desa itu sendiri dan masyarakat untuk mengembangkan potensi Desa Wisata,” tutupnya. (Yuliantono)

Best regards,