Tingkatkan Pariwisata, DPRD Jabar Belajar ke Solo

Tingkatkan Pariwisata, DPRD Jabar Belajar ke Solo

INILAH, Bandung – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat melakukan studi banding ke Kota Solo, Jawa Tengah, demi memaksimalkan potensi pariwisata yang tersebar di 27 kabupaten dan kota se-Jabar.

Ketua Bapemperda DPRD Jabar, Achdar Sudrajat mengatakan, sejauh ini pihaknya belum memiliki Rencana Induk Pembangunan Pariwisata dan Perda Usaha Pariwisata (RIPPDA). Sehingga belum ada wadah yang mengatur tentang usaha dalam pariwisata. Padahal di Jabar, banyak tempat wisata yang berpotensi untuk menjadi sumber pemasukan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dia berharap, dalam kunjungan ini pihaknya dapat mendapatkan ilmu berharga untuk mengolah peraturah daerah yang baru, dalam upaya meningkatkan pengelolaan pariwisata di Jawa Barat.

"Bapemperda berkunjung ke Dinas Pariwisata Kota Solo ini merupakan langkah tepat, yang mana bahwa di Provinsi Jawa Barat. Khususnya Bapemperda yang  belum mempunyai RIPPDA. Kami sedang akan membentuk dan ini merupakan kesempatan berharga untuk selanjutnya kami terapkan", ujar Achdar, Selasa (18/2/2020).

Di sisi lain, Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Solo, Budi Sartono mengatakan dengan adanya pembentukan Perda tentang pariwisata, dapat menjaga iklim positif di lingkungan tempat wisata.

“Pembentukan Perda Pariwisata yang didalamnya terdapat usaha di bidang kepariwisataan, bertujuan untuk tidak menyalahi norma yang berlaku dalam masyarakat sekitar,” terangnya. (Yuliantono)