Persebaya vs Persija Digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo

Persebaya vs Persija Digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Sidoarjo- Pertandingan final Piala Gubernur Jawa Timur 2020 mempertemukan Persebaya Surabaya melawan Persija Jakarta dipastikan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Kamis, 20 Februari 2020.

"Lokasi pertandingan final yang semula dijadwalkan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dipindah ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan usai rapat koordinasi persiapan final Piala Gubernur di Mapolda setempat di Surabaya, Rabu (19/2/2020).

Ia menjelaskan, meski dilaksanakan di Sidoarjo, Polda Jatim, PSSI dan Pemprov Jatim menyepakati bahwa tuan rumah pertandingan final adalah Persebaya.

Bagi pendukung Persebaya, Bonek Mania, dipersilakan untuk mendukung langsung, sedangan The Jack yang merupakan pendukung Persija dilarang datang ke stadion.

"Suporter Persebaya boleh menonton, dengan catatan tertib menjaga keamanan," ucap jenderal polisi bintang dua tersebut.

Untuk meminimalisasi kedatangan The Jack ke Sidoarjo, kata dia, Polda Jatim langsung melakukan koordinasi dengan Polda Metro Jaya.

Namun, apabila memang suporter Persija yang sudah ada di Jatim, seperti di Malang maka akan difasilitasi dengan nonton bareng laga final Piala Gubernur Jatim.

"Nanti kami fasilitasi dengan layar lebar untuk nonton bareng yang ada di kantor kecamatan, Mapolsek dan Makodim setempat," katanya.

Sementara itu, Kapolda menjelaskan alasan dipilihnya Stadion Gelora Delta Sidoarjo sebagai tempat final karena Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya belum siap, terutama di bagian rumput lapangan yang masih diperbaiki.

"Stadion GBT dalam perbaikan rumputnya karena masih yang lubang. Pengelola Stadion Delta sudah urus kesiapan pertandingan," katanya.

Di sisi lain, untuk menjaga keamanan pada laga final, Polda Jatim dan jajarannya akan melaksanakan rapat teknis pengamanan di Mapo