DPRD Jabar Dukung Maksimalkan Potensi Kelautan

DPRD Jabar Dukung Maksimalkan Potensi Kelautan
Ketua Komisi II DPRD Jabar Rahmat Hidayat Djati. (net)

INILAH, Bandung  - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat mendukung penuh upaya pemerintah, dalam memaksimalkan potensi dari sektor kelautan dan perikanan.

Ketua Komisi II DPRD Jabar Rahmat Hidayat Djati mengatakan, pihaknya mengapresiasi tiap program yang sudah dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat. Dia berharap, program baru dapat terus tumbuh demi meningkatkan perekonomian masyarakat dari sektor kelautan dan perikanan.

“Program yang sudah ada, sudah sangat baik. Sehingga perlu ditingkatkan. Tetapi tetap harus ada sinkronisasi,” ujar Rahmat dalam acara Forum Perangkat Daerah Kelautan dan Perikanan Jabar, Rabu (19/2/2020).

Rahmat menambahkan, pihaknya telah memiliki catatan penting yang harus segera dibenahi, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dari sektor kelautan dan perikanan.

Permasalahan seperti terjadinya perubahan regulasi oleh pemerintah pusat, otomatis berpengaruh di daerah. Lalu kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) serta sarana dan prasarana berbasis teknologi, dinilai menjadi penyebab hasil dari laut tidak dapat maksimal.

Padahal kata Rahmat, Indonesia adalah negara maritim dengan dikelilingi oleh laut. Sudah seharusnya sektor kelautan dan perikanan menjadi sumber utama dalam membangun perekonomian rakyat. 

“Kami sudah punya beberapa catatan yang harus segera dilakukan. Langkah ini perlu dilakukan, sebagai upaya mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim. Di mana seharusnya sektor perikanan ini menjadi sumber utama perekonomian masyarakat,” tutupnya. (yuliantono)