Demi IPP, DPRD Jabar Siap Inisiasikan Perda

Demi IPP, DPRD Jabar Siap Inisiasikan Perda

INILAH, Bandung – Termasuk salah satu dari 17 provinsi yang berada di bawah capaian nasional dalam Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), membuat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat khawatir.

Anggota Komisi V DPRD Jabar Siti Muntamah mengatakan, pihaknya akan mendukung penuh tiap program pemerintah, dalam upaya meningkatkan IPP. Bahkan pihaknya tak segan kedepannya akan menginisiasikan Peraturan Daerah (Perda) tentang kepemudaan, untuk menaikkan IPP Jabar.

“Tentu saja setelah ada diskusi ini, kita dari DPRD Jabar akan mendorong program ini dan akan terus support demi kenaikan IPP. Bukan tidak mungkin juga, kedepannya kita akan menginisiasi peraturan daerah tentang kepemudaan,” ujar Siti usai menghadiri konfirmasi hasil pilot project pengembangan IPP, Rabu (19/2/2020).

Dia menambahkan, pemuda adalah potensi penting yang akan menjadi tumpuan bagi masyarakat di masa depan. Sehingga menurutnya, pengembangan sumber daya manusia (SDM) harus dilakukan, sebab para pemuda inilah yang akan menentukan tumbuhnya daerah.

“Pemuda ini adalah salah satu potensi penting bagi Jawa Barat. Sehingga program pengembangan SDM pemuda harus menjadi program unggulan,” lanjut Siti.

Beberapa persoalan yang menyebabkan IPP Jabar anjlok salah satunya kurangnya lapangan kerja. Pasca-pencapaian tersebut, akhirnya menjadikan Jabar pilot project nasional, diharapkan dapat memicu keseriusan pemerintah daerah dan pusat untuk menggenjot IPP Jabar. (Yuliantono)