Robert Alberts Klaim Hasil Laga Uji Coba Berbuah Manis

Robert Alberts Klaim Hasil Laga Uji Coba Berbuah Manis
Pelatih Persib Bandung Robert Alberts. (Muhammad Ginanjar)

INILAH, Bandung - Persib Bandung menuju tahap akhir dalam melakukan persiapan menghadapi Liga 1 2020. Laga melawan Tira Persikabo akan menjadi penutup. 

Secara persiapan, tim berjulukan Maung Bandung ini bisa dibilang cukup matang. Mulai dari training center hingga laga uji coba dilakukan 

Khususnya laga uji coba, Persib cukup banyak dihadapkan dengan lawan-lawan yang berbeda. Seperti Selangor FA (Malaysia), Hanoi FC (Vietnam), Melaka United (Malaysia), Persib U-20, PSKC Cimahi, Barito Putera, Persis Solo, PSS Sleman, PSCS Cilacap dan terakhir Tira Persikabo. 

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts pun bersyukur dengan masa persiapan yang dilakukan. Apalagi laga uji coba ini telah meningkatkan kemampuan para pemainnya.

"Saya melihat pemain seperti Beckham (Putra Nugraha) menunjukan progres yang bagus. Saya juga melihat (Gian) Zola sudah kembali ke performa dia setelah cukup lama berkegiatan dari sepakbola," ungkap Robert di Stadion Siliwangi, Jalan Lombok, Kota Bandung, Kamis (20/2/2020). 

Selain itu, Robert juga memberikan apresiasi untuk Mario Jardel. Meski baru dipromosikan, bek muda ini mampu menunjukan kualitasnya. 

"Cukup senang dengan Jardel juga karena dia menunjukan kemajuan dan saya senang terhadap Teja (Paku Alam) sejak dia datang, dia menunjukan kualitas," tuturnya. 

Tak hanya itu, pelatih asal Belanda ini juga menyebut kemampuan Kim Jeffrey Kurniawan mengalami peningkatan. Ini membuktikan bahwa laga uji coba membuahkam hasil yang positif. 

"Dan yang lainnya kurang lebih ingin menunjukan hal yang sama. Saya harap mereka menunjukan itu saat liga dimulai, dan masih ada 10 hari untuk menghasilkan itu, dan kami juga bekerja untuk itu," tegasnya. 

Sejauh ini, Persib Bandung sendiri hanya mengalami satu kekalahan selama mengarungi beberapa laga uji coba. Yakni dari Selangor FA.

Namun hal itu wajar terjadi karena Persib diperkuat para pemain lokal dan para pemain yang kurang menit bermain saat mengarungi Liga 1 2019. 

Sisanya, kemenangan demi kemenangan didapatkan. Sekalipun lawan yang dihadapi berasal dari negara Vietnam atau Malaysia hingga sama-sama peserta Liga 1. 

"Tapi di masa pramusim, hasil di uji coba bukan yang dicari. Semua harus diedukasi, dalam pramusim yang dicari adalah perkembangan dari pemain, perkembangan dalam stamina dan mulai mencari formula dari tim, formasi (yang digunakan)," jelasnya.

Kondisi ini, lanjutnya hampir diterapkan oleh tim-tim Eropa yang memiliki perkembangan sepakbola yang lebih maju. Artinya di laga uji coba ini bukan kemenangan yang menjadi incaran. 

"Sekarang fokus kami lebih kepada perkembangan tim dan ketika liga mulai, hasil bagus akan datang. Jadi jika kami menang dua kali beruntun di uji coba, bagi saya itu tidak penting, yang penting adalah perkembangan tim," tuturnya. 

Robert menambahkan selama ini hanya ingin melihat adaptasi pemain terutama untuk pemain baru. Tak hanya itu, harmoni pemain di dalam dan luar lapangan jadi sorotan. 

"Soal hasil, saya tidak melihat itu, kemenangan hanya bonus dari apa yang sudah kami kerjakan. Kami ingin memenangi setiap pertandingan, tapi perkembangan tim menjadi prioritas," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)