Menggandeng BIG, Wishnutama Petakan Potensi Pariwisata Bogor

Menggandeng BIG, Wishnutama Petakan Potensi Pariwisata Bogor
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Cibinong - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama berkunjung ke kantor Badan Informasi Geospasial (BIG) di Jalan Raya Jakarta Bogor Km 46 Cibinong Kabupaten Bogor, Kamis (20/2/2020).

"Kedatangan saya ini untuk bekerjasama dengan BIG terkait pemetaan di bidang pariwisata. Dengan peta itu, nantinya jadi landasan untuk membangun industri pariwisata," kata Wishnutama. 

Selain pemetaan potensi wisata, dia menyebutkan pihaknya juga meminta pemetaan di bidang bencana alam dan transportasi. Ketersediaan peta itu dibutuhkan agar rencana pembangunan industri pariwisata ke depan bisa berkelanjutan terhadap bendana alam yang terjadi.

"Ke depan, pembangunan industri pariwisata harus komprehensif berdasarkan mitigasi bencana untuk mengurangi risiko. Saya juga meminta pemetaan ini dilengkapi dengan konektivitas transportasinya," ujarnya.

Dia menuturkan, dengan peta yang diciptakan BIG itu diharapkan objek-objek wisata yang berada di daerah rawan bencana nantinya bisa diantisipasi. Sebab, hal itu berkaitan dengan aspek kenyamanan para wisatawan.

Sementara itu, Kepala BIG Hasanudin Zainal Abidin menjelaskan kerja sama yang dijalin dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu terhitung perdana. Sebelumnya, beberapa kementerian diakuinya menggandeng BIG dalam beberapa proyek.

"Sepanjang BIG berdiri, baru kali ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan kami. Kami mengapresiasi kedatangan pak Wishnutama yang menginisiasi pertemuan hari ini," jelas Hasanudin.

Dia menjelaskan, pemetaan yang akan dilakukan itu tidak hanya dalam bentuk cetak. Data yang dipetakan nantinya tersaji dalam bentuk digital. Sebab, selain akan menarik perhatian wisatawan aplikasi yang diciptakan itu pun mempermudah para wisatawan untuk berkunjung. (Reza Zurifwan)