Transfer Braithwaite ke Barcelona Bikin Kecewa Leganes

Transfer Braithwaite ke Barcelona Bikin Kecewa Leganes
Martin Braithwite

INILAH, Leganes - Leganes kecewa dengan langkah Barcelona merekrut Martin Braithwaite. Leganes mengkritik LaLiga berlaku tidak adil terkait transfer tersebut.

Barca resmi memperkenalkan Braithwaite sebagai pemain barunya, Kamis (20/2/2020) sore WIB. Penyerang asal Denmark dikontrak selama 4,5 musim. Kehadiran Braithwaite akan mengisi pos Ousmane Dembele dan Luis Suarez yang harus absen hingga akhir musim karena cedera.

Los Blaugrana mendapatkan Braithwaite setelah menebus klausul pembelian senilai 18 juta Euro. Meskipun sempat dihalangi oleh Leganes, namun mereka terpaksa melepasnya karena tertuang dalam kontrak tersebut.

Klub Katalunya mendapat izin khusus dari Federasi Sepakbola Kerajaan Spanyol (RFEF) dan operator liga (LaLiga) untuk mendatangkan pemain di luar bursa transfer. Keputusan ini diberikan setelah Suarez dan Dembele harus absen lebih dari lima bulan.

Sebaliknya, Leganes yang kehilangan Braithwaite tidak diperbolehkan mendatangkan pemain baru sebagai pengganti. Inilah yang membuat manajemen Leganes geram dan menilai keputusan tersebut tidak adil.

"Leganes dicurangi, ini membuat kami semakin lemah. Saya tidak ingin banyak bicara, lukanya sudah terlanjur ada," kata Presiden Leganes, Victoria Pavon.

LaLiga beralasan tidak memberikan Leganes izin transfer khusus karena menilai komposisi skuad mereka aman, meski kehilangangan satu pemain.

"Aturan yang ada saat ini bertolak belakang dengan integritas LaLiga dan kontrdiktif dengan hak-hak tiap tim dalam hak kesetaraan dan sportivitas," tegas Direktur Leganes, Ortega.

"(transfer) ini menimbulkan kerusakan yang tak tergantikan, namun kami akan berusaha menemukan solusi."

"Barcelona tahu dampak yang bisa menimpa Leganes jika mereka tetap membeli Braithwaite, kami semua tahu peraturan ini tidak adil. Barcelona memanfaatkan regulasi yang tidak adil ini. Kami Leganes yang jadi korbannya," lanjut Ortega.

Wajar bila Leganes kecewa dengan langkah Barca merekrut Braithwaite di tengah jalan, sebab penyerang 28 tahun merupakan mesin gol Leganes musim ini. Dari 24 penampilan di LaLiga, dia sudah mengemas enam gol plus dua assists. (Inilahcom)