UMKM Subang Ekspor Perdana Produk Handycraft ke Jerman

UMKM Subang Ekspor Perdana Produk Handycraft ke Jerman
istimewa

INILAH, Subang - Sebanyak 6.000 buah produk handycraft dari Subang diekspor perdana ke Jerman. Produk tersebut hasil dari ciptaan 20 perajin di wilayah Subang.

Bupati Subang Ruhimat mengaku bangga atas prestasi pelaku UMKM Subang yang mampu menembus pasar ekspor. Untuk itu, dia pun mengapresiasi sejumlah pihak yang menjalankan sinergi.

"Khusus dalam hal ini, saya berterima kasih kepada PT Dahana melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang telah membantu permodalan para UMKM Subang untuk lebih meningkatkan usahanya," kata Ruhimat saat pelepasan kendaraan ekspor, Jumat (21/2/2020).

Sementara itu, Skretaris PT Dahana Asep Maskandar menyebutkan pihaknya terbuka bagi para pelaku UMKM di Subang untuk maju besama dalam mengembangkan usahanya. Program pembinaan untuk UMKM yang menjadi mitra binaan salah satunya dengan pelatihan.  

"Tahun lalu, Dahana menyelenggarakan pelatihan e-commerce untuk mitra binaan di dua lokasi Subang dan Tasikmalaya. Pelatihan ini bekerjasama dengan PLUT KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah)," ujarnya.

Asep mengaku, pihaknya menilai untuk menjadi kuat itu dibutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak. (*)