Belajar dari Internet, EC Racik Kosmetik Ilegal di Bandung

Belajar dari Internet, EC Racik Kosmetik Ilegal di Bandung
Foto: Ridwan Abdul Malik

INILAH, Bandung - Direktorat Reserse Narkoba (Ditreskoba) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat mengamankan seorang ibu rumah tangga berinisial EC di Kecamatan Rancasari, Kota Bandung. Ia diduga memproduksi berbagai macam kosmetik tidak layak pakai di kediamannya.

Berdasarkan keterangan tersangka, diketahui EC mempelajari secara otodidak atau mandiri cara pembuatan kosmetik palsu dari internet.

"Di internet pun ada ya, proses cara pembuatan sabun organik. Coba bisa dilihat di Youtube," ucap EC saat ungkap kasus di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-hatta, Kota Bandung, Jumat (21/2/2020).

EC mengklaim, selama dia menjalankan bisnis haramnya tidak pernah ada keluhan dari pelanggan. Bahkan, EC juga mengaku turut memakai produk kosmetik buatannya sendiri.

"Saya sih gak tahu ya, kalau bahaya saya juga pake gak apa-apa da. Gak pernah ada yang dirugikan mungkin itu saja," ujarnya.

Ditemui di tempat yang sama, Diresnarkoba Polda Jawa Barat Kombes Pol Enggar Pareanom mengungkapkan, produk kosmetik buatan EC sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Pasalnya, tidak tanggung-tanggung, terdapat campuran soda api dalam beberapa produk buatan EC.

"Ada soda api, mentega, minyak dan lainnya. Kosmetik ini pun tidak memenuhi standar dan atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan, dan mutu dan tidak memiliki izin edar," pungkas Enggar. (Ridwan Abdul Malik)