Kang Pisman dalam Komik di Tangan Anak-anak

Kang Pisman dalam Komik di Tangan Anak-anak
Komik Inspirasi. (okky adiana)

INILAH, Bandung - Anak-anak TK hingga SMP mengikuti launching komik dengan tema Superhero Cilik Bandung Balad Kang Pisman di Aula Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jumat (21/2/2020).

Kegiatan ini diinisiasi oleh komunitas Bumi Inspirasi. Founder Bumi Inspirasi, Isti Khairani mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menebarkan virus pahlawan pelindung bumi atau virus Kang Pisman kepada anak-anak sehingga Bumi Inspirasi menyusun komik ini bersama mereka.

"Usianya dari enam tahun sampai 12 tahun. Jadi bagaimana anak-anak mengurangi sampah, tidak buang sampah dan memanfaatkan sampah, sehingga kami berharap dengan usaha kami membuat sebuah komik itu selain membangun budaya literasi dan juga membangun jiwa lingkungan kepada anak-anak," ujar Isti.

Founder Komik Inspirasi yang lain, Annisa Fauzia Rahmah menambahkan, dalam penyusunan komik ini, anak-anak mengikuti Art Class seminggu sekali di Masjid Al Iman Dago Barat. Anak-anak belajar dari mulai teknik menggambar dasar, teknik perwarnaan arsir, panel, membuat ide cerita, menyusun fakta seru, juga mendapat edukasi untuk menjadi Balad Kang Pisman Pahlawan Pelindung Bumi.

Mereka, anak-anak bisa bisa menjadi Pahlawan Pelindung Bumi, menggambar Kang Pisman, berlatih public speaking dengan menjadi tokoh Kang Pisman, belajar promosi, dan menjual hasil karya komik.

Di samping itu, mereka juga belajar menjadi agent of change untuk mengubah budaya kelola sampah di keluarganya dan memotivasi anak Indonesia untuk menjadi Pahlawan Bumi. Di sini, peran orang tua juga sangat penting dalam memotivasi anak dan dapat meningkatkan hasil karya positif.

"Misi kegiatan ini adalah untuk menginspirasi anak Indonesia untuk dapat menjadi generasi ramah lingkungan, gemar membaca, dan berakhlak mulia melalui komik dan karya inspiratif lainnya," imbuh Annisa.

Pihak pemerintah pun ikut mendukung dalam komik Superhero Cilik Bandung Balad Kang Pisman dari mulai Wali Kota Bandung Oded M Danial, Direktur PD Kebersihan Kota Bandung Gun Gun Saptari Hidayat, Camat Coblong Krinda Hamidipradja, hingga Lurah Dago Nurliawati Affandi. (Okky Adiana).