Realme C3 vs Samsung Galaxy A10s: Lebih Baik Mana?

Realme C3 vs Samsung Galaxy A10s: Lebih Baik Mana?
istimewa

RISET International Data Corporation (IDC) menunjukkan, pada 2018, ponsel pintar kelas rendah menjadi ponsel dengan penjualan tertinggi. Ponsel pintar kelas ini berada pada kisaran harga dari Rp 1,4 juta hingga 3 juta. Ponsel pintar pada rentang harga ini digolongkan pada ponsel pintar kelas menengah bawah termasuk di dalamnya segmen entry level.

Walaupun terjadi peningkatan daya beli, pergeseran tersebut juga menegaskan bahwa kisaran harga ponsel yang masih paling diincar berada pada harga murah. Di atas ponsel kelas menengah bawah, masih terdapat ponsel kelas menengah, menengah atas, dan premium. Artinya, kisaran harga ponsel pintar yang paling laku masih menunjukkan sensitivitas terhadap harga.

Dapat diartikan juga, pasar paling besar berada di kelas entry level atau kelas pemula. Tak heran jika banyak sekali produsen ponsel berlomba-lomba untuk menguasai kelas ini. Karena merupakan volume maker yang sesuai dengan daya beli kebanyakan masyarakat. Di segmen ini, ada dua produk yang tengah bertarung sengit yaitu realme C3 vs Samsung Galaxy A10s.

Kedua produk yang bersaing ini memiliki banyak persamaan, baik realme C3 dan Samsung Galaxy A10s, keduanya menyasar segmen yang sama yakni kelas pemula atau entry level dengan calon pengguna yang memiliki bujet terbatas. Spesifikasi oke dengan harga miring menjadi jurus mereka. Sehingga sangat menarik untuk membandingkan realme C3 vs Samsung Galaxy A10s.

Siapa yang lebih unggul? Simak komparasi spesifikasi dan fitur utama keduanya.

Desain

Untuk awal mari dimulai dari segi desain. Dari tampilan depan, keduanya terlihat mirip dengan ponsel-ponsel lain di kelasnya. Layarnya memenuhi bidang depan, kecuali sebuah "poni" berbentuk tetesan air untuk menampung kamera depan di tengahnya. Desain yang memang sedang populer saat ini.

Jika melihat ke belakang, baru terlihat perbedaan. realme C3 datang dengan bodi sunrise design yang membuatnya tampil cantik tapi juga mampu mencegah goresan dan sidik jari yang tidak diinginkan. Galaxy A10s di satu sisi mengambil pendekatan yang mainstream dengan bodi ponsel ini dibalut dengan casing berbahan plastik glossy yang terlihat mengkilap dan mudah membekas ketika dipegang.

Tidak ada material mewah seperti metal atau kaca, maklum kelas harganya pemula. Tapi material polikarbonat yang keduanya usung sudah terasa baik, berkualitas dan memiliki daya tahan yang baik. Hanya saja dengan bodi mengkilap tentu baret dan kotoran sidik jari tidak bisa terhindarkan di Galaxy A10s.

Layar dan Sistem operasi

Aspek kedua yang ingin kami bandingkan antara realme C3 dengan Samsung Galaxy A10s adalah layar dan OS.

realme C3 hadir dengan layar penuh mini drop berukuran 6,5 inci bermaterial IPS LCD dengan kemampuan layar beresolusi HD Plus (720 x 1.600 piksel). realme C3 menawarkan rasio screen-to-body sebesar 89,8 persen yang menghasilkan tampilan lebar dan nyaman di mata. Layar dari realme C3 juga telah diberikan perlindungan Corning Gorilla Glass 3 dengan kerapatan piksel 282 ppi.

Sementara untuk Samsung Galaxy A10s hadir dengan ukuran layar sedikit lebih kecil, yakni 6,2 inci dan desain layar Infinity-V. Samsung Galaxy A10s menggunakan material layar dengan panel TFT. Galaxy A10s menyajikan kemampuan yang kurang lebih sama dengan realme C3 yakni beresolusi HD Plus (720 x 1520 piksel). Dengan kombinasi ukuran dan resolusi yang ditawarkan, layar Samsung Galaxy A10s mampu memancarkan konten dengan kepadatan 270 ppi.

Pada sektor layar, realme C3 lebih unggul ketimbang Samsung Galaxy A10s. Misalnya dari sisi ukuran dan resolusi layar yang lebih tinggi serta adanya lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 3.

Dari sistem operasi, realme C3 memanfaatkan antarmuka realme UI dengan basis dari sistem operasi Android 10. realme UI ini memberikan tampilan desain yang berkonsep dan pengalaman yang ditingkatkan untuk mendekati tampilan Android murni. Software ini juga dijejali aplikasi yang cukup fungsional seperti focus mode untuk kenyamanan, 3-Finger Selected Screenshot untuk menggunakan tiga jari dalam melakukan tangkapan layar dan memilih area yang ingin dibagikan, pengaturan ukuran dan bentuk ikon pada home screen sampai Dark Mode yang dapat diaplikasikan terpilih sesuai keinginan pengguna.

Sementara Samsung Galaxy A10s menggunakan One UI dengan basis Versi kustom Android 9 Pie. One UI juga sudah dibekali dengan beberapa fitur andalan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada pengguna dalam beraktivitas seperti fitur Smart Switch, gesture.

Meski sistem operasi realme C3 lebih terbarukan, untuk sistem operasi kami menilai keduanya sama-sama menawarkan OS yang sederhana dan juga ringan, dan mudah dioperasikan. Namun kali ini kami lebih cenderung ke realme UI, dimana realme membawa gebrakan baru dengan mulai mengembangkan antarmuka sendiri.

Performa

Memasuki segmen yang krusial, yakni urusan jeroan, performa atau istilah kerennya dapur pacu. Sebagai permulaan, kami akan memulai lebih dahulu dari realme C3 sebagai perangkat yang paling anyar.

Dari sektor performa, realme C3 membawa bekal prosesor buatan MediaTek Helio G70. Helio G70 adalah prosesor 12nm delapan inti yang memiliki kecepatan hingga 2,0 GHz, menjadikannya salah satu yang tercepat dan terbaru dalam kategorinya. Sangat ideal untuk pengguna awam dan penyuka game. Prosesor ini datang sepaket dengan GPU ARM Mali-G52 yang memiliki kinerja tinggi namun efisien.

Prosesor dengan fabrikasi segitu juga diklaim lebih hemat daya 15 persen dibandingkan dengan prosesor 14nm generasi sebelumnya. MediaTek Helio G20, yang mengadopsi struktur Octa-core 2.0 GHz Cortex-A75 yang dibekali pula dengan pengolah grafis atau GPU Mali-G52 2EEMC2. realme C3 hadir dengan pilihan RAM/ROM 3/32 GB. Tenang, jika memori internalnya kurang, Anda bisa menambahkan penyimpanannya menggunakan MicroSD hingga 256 GB.

Sementara, Samsung Galaxy A10s. Dari aspek jeroan dalam hal ini prosesornya, handset termurah dari Samsung itu ditopang MediaTek Helio P22 yang menawarkan kecepatan 2 GHz. Sementara untuk kinerja grafisnya, Samsung Galaxy A10s didukung GPU PowerVR GE8320. Dari sektor memori, Galaxy A10s hanya memiliki RAM 2 GB dengan memori internal 32 GB.

Meski keduanya menggunakan chipset Mediatek ada dua perbedaan mendasar pada kemampuan komputasi realme C3 dan Samsung Galaxy A10s. realme menggunakan MediaTek Helio G70 yang merupakan chipset anyar, sementara Galaxy A10s memakai Mediatek tipe Helio P22. Masing-masing dari keduanya memiliki prosesor delapan inti, dengan konfigurasi 2+6 (clock 2,2GHz dan 1,7GHz) untuk realme dan konfigurasi Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 untuk Samsung.

Meski berbeda, secara penggunaan harian kedua ponsel ini punya performa yang tak beda jauh. Dalam menjalankan tugas, keduanya smooth dan gegas, meski jelas tidak secepat ponsel-ponsel kelas flagship. Memainkan game populer seperti PUBG Mobile pun lancar-lancar saja tanpa ada lag.

Bagaimana performanya jika diadu menggunakan aplikasi benchmark Antutu? Meski clock prosesornya sama, tapi realme C3 justru bisa mengungguli Samsung Galaxy A10s jauh. Untuk lebih jelasnya INILAHCOM melakukan pengujian performa melalui video dibawah ini.


Kamera

Seperti ponsel-ponsel sekelasnya, kamera belakang menjadi salah satu jualan utama realme C3 dan Samsung Galaxy A10s. Lensanya sama-sama punya bukaan diafragma f/1,8. Dari segi megapiksel, realme dengan 12MP sedikit kalah dari Samsung yang punya 13MP.

Namun realme C3 juga punya keunggulan tersendiri yaitu kepemilikan tiga kamera belakang, yang punya lensa makro dan portrait meski resolusinya 2MP saja.

Kedua ponsel ini sama-sama dilengkapi dengan fitur enhancement melalui teknologi artificial intelligence (AI). Artinya, kamera mampu mengenali scene foto yang akan ditangkap pengguna, sehingga ponsel bisa memaksimalkan hasil foto. Misalkan saat memotret pemandangan lanskap, kamera akan memaksimalkan warna biru langit dan jingga senja.

Salah satu cara ampuh mengetes kemampuan kamera adalah memotret kegelapan malam. realme C3 terlihat punya keunggulan tersendiri.

Meski tidak ada mode modus malam hasilnya cukup, scene malam pada realme C3 terlihat lebih hidup, dengan rentang dinamis yang tinggi. Bagian shadow lebih terlihat jelas daripada hasil mode malam Galaxy A10s, yang cenderung gelap dan banyak noise.

Baca juga

Samsung Galaxy S20, Ubah Cara Menikmati Passion


Sutradara Cek Toko Sebelah Kagumi Galaxy S20 Ultra


Realme C3 Meluncur di Indonesia 19 Februari 2020

 

Selain itu jika bicara kuantitas atau jumlah kamera, pabrikan asal Korea Selatan (Korsel) itu harus rela takluk di bawah realme C3 yang hadir dengan tiga kamera utama. Sebuah nilai jual kekinian yang sudah harus hadir sekalipun di segmen bawah.

Untuk hasil foto mode lainnya, silahkan dibandingkan melalui foto-foto berikut.

Luar ruangan

 

Dalam ruangan

 

Malam Hari

Makro

kamera Depan

 


Baterai

Dari segi kapasitas baterai, realme C3 dan Samsung Galaxy A10s memiliki perbedaan ukuran. Samsung untuk sektor baterai sepertinya harus bertekuk lutut karena hanya menggendong 4000 mAh saja di balik kap mesinnya. Sementara realme C3 unggul dengan membawa baterai sebesar 5.000 mAh.

Ketika diuji dengan streaming video Youtube selama sejam, indikator baterai Galaxy A10s berkurang 20 persen dan 12 persen pada realme C3.

Dengan kondisi digunakan normal yaitu mengecek media sosial, bertukar pesan, sesekali membuka Youtube dan bermain gim, realme C3 dan Galaxy A10s bisa bertahan seharian, hebatnya untuk realme C3 bahkan masih tersisa 30-50 persen di malam hari.

Infografis


 

 

Kesimpulan

Kedua ponsel pintar ini sama-sama produk di kelas Rp1 juta-an yang memiliki price to performance bagus. Namun, setelah melewati berbagai sesi komparasi, realme C3 nampak jauh lebih baik.

Sebagai informasi, Galaxy A10s dijual dengan harga Rp1,749 juta untuk konfigurasi 2GB+16GB. realme C3 dengan konfigurasi yang lebih besar yakni memori 3GB + 32GB dijual di angka 1,699 juta. Jika kapasitas memori keduanya dirasa kurang cukup, keduanya juga menyajikan opsi memori tambahan.

Perlu diketahui, bahwa kelas entry level ini sangat sensitif dengan harga. Beda Rp100 ribu saja pilihan bisa berubah. Dari soal harga saja, sudah jelas realme C3 keluar sebagai pemenangnya.

Di sisi lain, Samsung lebih kuat popularitasnya karena sudah menjadi pemain lama di Indonesia. Sementara realme yang merupakan bagian dari nama besar OPPO lebih unggul dalam kualitas produk maupun after sales service di Indonesia.

Pada akhirnya kami rekomendasikan realme C3 bagi Anda yang sedang mencari ponsel kelas pemula dengan performa prosesor gaming canggih, kamera cakep, baterai cadas dan layat cetar (inilah.com)