Wujudkan Kampus Unggul, UIN SGD Menuju World Class University

Wujudkan Kampus Unggul, UIN SGD Menuju World Class University
Rektor UIN SGD Bandung Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si. rapat kerja bersama segenap civitas akademika bertajuk “Sinergi Bersama untuk UIN Sunan Gunung Djati Maju” di Kota Bandung, Jumat (21/2/2020). (okky adiana)

INILAH, Bandung – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung menggelar rapat kerja bersama segenap civitas akademika bertajuk “Sinergi Bersama untuk UIN Sunan Gunung Djati Maju” di Kota Bandung, Jumat (21/2/2020).

Pada kesempatan itu, Rektor UIN SGD Bandung Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si. mengungkapkan, setiap unit kerja harus menjaga profesionalisme, komitmen, konsisten, bekerja sama dan sama-sama bekerja demi kepentingan lembaga.

Prof Mahmud menjelaskan, rapat kerja itu sebagai tindak lanjut segala kebijakan-kebijakan yang telah dihasilkan di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama Republik Indonesia; Rapat Kerja Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis).

Sehingga, visi dan misi UIN SGD Bandung sebagai universitas yang unggul dan kompetitif berbasis wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlak karimah di Asia Tenggara tahun 2025 bisa dicapai.

Upaya menjadi kampus unggul dan maju menuju kelas dunia harus dimulai dari kualitas sumber daya manusia. Dosen yang belum menjadi doktor kita dorong, lektor kepala belum menjadi profesor kita percepat guru besarnya, dan tenaga kependidikan harus terus ditingkatkan supaya lebih baik.

“Saya berharap pada sidang komisi dapat membahas ikhtiar peningkatan SDM dosen, tendik untuk menjadikan kampus yang unggul. Mulai dari nilai akreditasi perguruan tinggi kita yang sudah A, ada 22 program studi yang mendapat akreditasi A, sampai perpustakaan juga sudah mendapatkan nilai A," papar Prof Mahmud kepada INILAH, Jumat.

Prof Mahmud menyatakan, untuk menghadapi era digital dan menuju kampus kelas dunia, maka kolaborasi dan sinergi dengan pihak lain menjadi sangat penting. Pihaknya menginginkan untuk bersinergi untuk maju, bekerja sama dan sama-sama bekerja dengan segala potensi, kecerdasan yang dimiliki.

"Oleh karena itu sudahi segala bentuk menggunjing keburukan tentang kampus, mari kita nyalakan lilin-lilin kebaikan agar bisa menerangi kegelapan yang diharapkan akan membentuk collective intelligence, sehingga kualitas mutu pendidikan, SDM dosen, dan tenaga kependidikan terus meningkat," tegasnya.

Di samping itu, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan, Dr. H. Tedi Priatna, M.Ag. menuturkan, rapat kerja ini diikuti oleh 108 peserta yang terdiri dari Wakil Rektor, Direktur, Wakil Direktur Pascasarjana, Kepala Lembaga, Ketua Unit, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Bagian di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rapat kerja ini merupakan rangkaian dari rapat kerja di tingkat Pascasarjana, Fakultas, Unit. "Sinergi dan kebersamaan antar fakultas, unit di lingkungan UIN SGD menjadi sebuah keniscayaan untuk mewujudkan kelembagaan UIN Sunan Gunung Djati maju.

"Ini bisa kita lihat dari tema yang diangkat pada rapat kerja sekarang. Melalui rapat kerja ini kita berharap dapat meningkatkan kualitas, mutu kelembagaan, agar UIN Sunan Gunung Djati terus maju," pungkas Tedi. (okky adiana)