Belitung Tuan Rumah Kejurnas Catur Junior 2020

Belitung Tuan Rumah Kejurnas Catur Junior 2020
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Belitung- Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur Junior 2020 yang akan dilaksanakan pada 30 Juni hingga 7 Juli mendatang.

Sekretaris Jendral Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Henry Hendratno di Tanjung Pandan, Minggu, mengatakan, pihaknya telah melakukan survei ke Belitung yang direncanakan akan menjadi tuan rumah kejuaran tersebut.

"Dari beberapa tempat yang disurvei tim telah menetapkan hotel yang layak untuk dijadikan lapangan atau venue Kejurnas Catur," katanya.

Ia mengatakan, Kejurnas Catur Junior merupakan salah satu agenda resmi PB Percasi yang dilaksanakan empat tahun sekali dan bertepatan dengan tahun pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON).

Sedangkan jumlah peserta atau pemain yang akan mengikuti Kejurnas Catur Junior V tahun 2020 pada sebanyak 500 peserta terbagi ke dalam 14 Kelompok Umur (KU) yang dipertandingkan yakni usia 7 tahun, sembilan tahun, 11 tahun,13 tahun, 15 tahun, 17 tahun, dan 19 tahun.

"Dengan para ofisial dan orangtua yang mengantar putra-putrinya bertanding, diperkirakan yang akan hadir di Kabupaten Belitung sekitar 800 orang yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia bahkan mungkin bisa lebih," ujarnya.

Henry menambahkan, sesuai jadwal Kejurnas Catur Junior V Tahun 2020 akan dilangsungkan pada 30 Juni hingga 07 Juli 2020 mendatang.

Sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman antara PB Percasi dengan Percasi Kabupaten Belitung.

"Kejurnas Catur Junior V tahun 2020 juga bertepatan dengan hari libur kenaikan kelas," katanya.