Kumpulan Kisah Husnul Khatimah yang Menggugah (3)

Kumpulan Kisah Husnul Khatimah yang Menggugah (3)
Ilustrasi/Net

BERIKUT beberapa kisah khusnul khotimah:

[6] Kisah wafatnya Ismail an-Naisaburi

Menjelang wafat, ibunya bertanya kepadanya. Apa yang terjadi denganmu?
Ismail tidak bisa bicara. Lalu beliau tuliskan di tangan ibunya,
"Ketenteraman dan rezeki serta jannah kenikmatan.."
Kemudian beliau meninggal. (Siyar Alam an-Nubala, 20/161).

[7] Wafatnya Abu Zurah ar-Razi ulama ahli hadis

Abu Jafar, Muhammad bin Ali bercerita, "Kami hadir ketika peristiwa wafatnya Abu Zurah. Ketika beliau sakit parah, ada banyak ahli hadis yang menjenguk. Ada Abu Hatim, Ibnu Warah, al-Mundzir bin Syadzan, dan para ulama hadis lainnya. Merekapun saling mengingatkan untuk mentalqin Abu Zurah. Namun mereka semua segan dengan Abu Zurah. "Coba kita bacakan hadis." Usulan salah satu diantara mereka.

Ibnu Warah, "Telah menceritakan kepada kami Abu Ashim, bahwa Abdul Hamid bin Jafar telah menceritakan kepada kami"
Abu Hatim, "Telah menceritakan kepada kami Imam Bundar, bahwa telah menceritakan kepada kami Abu Ashim, bahwa Abdul Hamid bin Jafar telah menceritakan kepada kami"

Sementara yang lain terdiam. Tiba-tiba Abu Zurah membuka matanya dalam kondisi mendekati kematian, sambil menyebut hadis,

"Telah menceritakan kepada kami Imam Bundar, bahwa telah menceritakan kepada kami Abu Ashim, bahwa Abdul Hamid telah menceritakan kepada kami, dari Soleh bin Abi Arib, dari Katsir bin Murrah, dari Muadz bin Jabal, bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Siapa yang kalimat terakhirnya, Laa ilaaha illallah maka dia akan masuk surga." Lalu beliau meninggal. Rahimahullah

Kematian itu pasti dan hanya sekali. Ya Rabb.. jadikan kematian kami adalah kematian yang baik.. anugerahkanlah untuk kami husnul khatimah. Amin.

[Dinukil dari WA grup Syaikh al-Walid Saifun Nashr dan diterjemahkan secara bebas oleh Ustadz Ammi Nur Baits]