Peduli Dengan Sumber Air Warga Gotong Royong Bersihkan Selokan

Peduli Dengan Sumber Air Warga Gotong Royong Bersihkan Selokan
istimewa

INILAH, Bandung - Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menghadiri dan meninjau kegiatan kerja bakti di sepanjang Selokan Coblong, Kelurahan Isola, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung pada Minggu (23/2/20) kemarin.

Kerja Bakti ini, dikatakan Yana merupakan kegiatan rutin setiap satu bulan sekali untuk membersihkan sampah-sampah yang dapat menyebabkan tersumbatnya air di selokan Coblong. 

“Bangga dan sangat mengapresiasi, warga di sini banyak sekali yang berpartisipasi. Artinya masyarakat peduli dengan lingkungan. Apalagi ini sumber air. Air adalah hal terpenting dalam kehidupan. Makanya saya sangat apresiasi kegiatan kerja bakti ini. Saya harap warga di sini bisa konsisten dan bisa diikuti oleh tempat-tempat lain," kata Yana

Dia lantas mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk memelihara lingkungan. Apalagi yang berkaitan dengan air.

“Air itu sumber penghidupan. Kalau tidak ada air, kita semua tidak akan hidup. Dan saya berpesan pada semua masyarakat untuk percaya pada kekuatan kolaborasi. Dengan kolaborasi dan kerja ikhlas, maka kita akan menciptakan lingkungan hidup yang nyaman untuk kita semua," ucapnya.

Sementara itu, Camat Sukasari, Sarjadi Saleh merasa Bangga dengan kegiatan kerja bakti di sepanjang selokan dengan panjang hampir 500 meter ini. Pasalnya, warga sangat antusias di kegiatan ini.

“Bangga sekali, semua terlibat dari mulai RT sampai RW membersihkan selokan Coblong agar mencegah air mampet pada saat musim hujan. Selain selokan juga warga mencabuti rumput dan membersihkan sampah, supaya bersih dan nyaman,” kata Sarjadi.

Dia menambahkan, sampah selokan Coblong saat ini sudah jauh berkurang setelah program Kang Pisman digulirkan. Masyarakat sudah mulai sadar bahwa sampah bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomis.

“Masyarakat sudah mulai sadar, sampah bisa dimanfaatkan dan dapat bernilai ekonomis. Jadi daripada buang sampah di selokan atau sungai, warga di sini cenderung memilah-milah sampah dan memanfaatkannya dulu," ucapnya. (yogo triastopo)