Resmikan Sekolah Ayah, Oded: Karena Peran Ayah Begitu Berat

Resmikan Sekolah Ayah, Oded: Karena Peran Ayah Begitu Berat
(Istimewa)

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung resmi memperkenalkan program Sekolah Ayah. Ruang belajar bagi ayah ini, untuk menguatkan fungsi ketahanan keluarga bagi generasi muda.

"Melalui sekolah ini kita harapkan adanya keseimbangan antara peran ibu dan ayah dalam mendidik seorang anak," kata Oded di Graha Binangkit PKK, Jalan Sukabumi Dalam, Kota Bandung pada Senin (24/2/2020).

Dijelaskan dia, Sekolah Ayah akan mengedukasi bagaimana peran seorang ayah sekaligus suami di dalam rumah tangga. Selain mencari nafkah, sosok ayah harus bisa memberikan rasa cinta.

"Peran ayah dalam memberikan cinta kepada semua dan menjadi seorang pemimpin harus bisa dipahami oleh seorang ayah. Karena peran ayah begitu berat. Selain menjadi seorang pemimpin di dalam rumah tangga, ayah harus mencari nafkah," ucapnya.

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung menyebut bahwa tumbuh kembang anak tak cukup didampingi ibu semata.

"Kita ketahui bahwa terkait dengan Sekolah Ayah ini bertujuan memberikan paparan pengetahuan keterampilan pengasuhan keayahan. Kemudian meningkatkan kekuatan peran ayah," kata Kepala DP3APM Kota Bandung Tatang Muhtar.

Sekolah ini, dijelaskan dia bersifat informal dan akan berlangsung satu kali dalam satu minggu. Ada pun tempatnya di Kantor DP3APM, Jalan Srimolek, Kecamatan Regol, Kota Bandung.

"Jadi prinsipnya metode ini masih bersifat umum dan nanti akan coba kita pilah kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan ayah seperti apa. Kita akan komunikasikan apa yang dibutuhkan oleh mereka dan kita akan siapkan," ucapnya. (yogo triastopo)