Axis Ajak Mahasiswa Bersiap Masuki Dunia Kerja

Axis Ajak Mahasiswa Bersiap Masuki Dunia Kerja
istimewa

INILAH, Bandung - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui brand Axis kembali menggelar Program Pop Up Campus mengangkat tema Be the Future Starter with AXIS. Melalui program ini AXIS mengajak mahasiswa untuk mempersiapkan diri guna memasuki dunia kerja di masa depan. 

Untuk itu, AXIS menghadirkan sejumlah figur profesional muda, pengusaha, termasuk juga dari kalangan akademisi guna membagikan pengetahuan dan informasi, juga pengalaman yang dapat menjadi referensi para peserta untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan mereka ke depannya. Acara berlangsung di Universitas Widyatama, Senin (24/2/2020).

Group Head Central Region XL Axiata Rd Sofia Purbayanti mengatakan, mempersiapkan diri menjelang kelulusan itu sangat perlu bagi mahasiswa. 

"Banyak di antara mereka yang begitu lulus langsung bingung harus ngapain. Apakah akan bekerja sebagai profesional atau buka bisnis sendiri, atau jadi pekerja sosial? Mereka bingung karena memang tidak menyiapkan diri sebelumnya. Hal ini bisa terjadi karena memang tidak banyak saluran informasi yang menyediakan panduan untuk bersiap diri itu. Nah, melalui acara Pop Up Campus ini, AXIS berusaha membantu mereka agar tidak bingung lagi dan mengerti apa yang harus dilakukan sebelum lulus," katanya.

Dia menuturkan, beberapa seminar dengan topik menarik bisa mahasiswa dapatkan pada acara ini. Antara lain, "Cewek Juga Bisa Jadi Leader!" dengan pembicara VP HR Kaskus & Head of HR Gdp Labs Deny Rozalia dan Head of Channel Supply dan Budget Control XL Axiata Ratih Wulan Utoyo. 

Lalu, ada juga topik “Cari Duit atau Cari Ilmu” oleh Co-Founder SEMA EDU & Wakil Sekretaris Umum BPC HIPMI Kota Bandung Fauzan Kemal Akbar dan Brand Manager Men’s Biore PT KAO Indonesia Dias Aditya.

Ada juga sesi “Pilih Passion atau Mission?” dibawakan Founder the Local Enabiers & Vice Dean Faculty of Agro Industrial Technology Universitas Padjajaran Dwi Purnomo dan Direktur Inkubator Bisnis SBM ITB Dina Dellyana. Keseluruhan acara dipandu moderator yang juga merupakan sosok sukses di era digital saat ini komika Indonesia Soleh Solihun.

Melalui beragam topik tersebut, para peserta bisa mendapatkan pengetahuan mengenai antara lain menyangkut bagaimana mengidentifikasi minat dan menyusun rencana masa depan. Lalu, mahasiswa juga akan diajarkan bagaimana membuat CV, menghadapi wawancara, kiat dan trik untuk meraih gaji yang diharapkan, hingga memilih pekerjaan pertama yang tepat. 

Tidak ketinggalan ada juga sesi yang mengajarkan pengembangan diri, mengelola keuangan pribadi yang benar, hingga tentang kiat mempercepat jalur karier. Ada pula perbincangan tentang apakah harus kuliah S2 atau bekerja setelah lulus, serta kursus apa saja yang perlu diikuti untuk membangun kesuksesan.

Group Head Youth Segment XL Axiata Alfons Eric Bosch Sansa menambahkan, sejak awal Axis memberikan perhatian khusus pada pengembangan potensi anak-anak muda, termasuk pada mahasiswa. Khususnya melalui pemanfaatan teknologi digital secara tepat dan maksimal. 

"Teknologi digital telah mengubah berbagai aspek kehidupan, termasuk yang terkait cara kerja di banyak bidang. Selain itu, teknologi juga telah memicu lahirnya berbagai kesempatan dan peluang baru yang menjanjikan keuntungan ekonomi maupun sosial. XL Axiata dan Axis ingin selalu mengajak anak-anak muda Indonesia untuk memanfaatkan kesempatan baik tersebut," ujarnya. (*)