Orang Sunda Harus Menjadi Bibit Unggul di Sekolahnya

Orang Sunda Harus Menjadi Bibit Unggul di Sekolahnya
Ilustrasi (okky adiana)

INILAH, Bandung - Tepat pada 21 Februari 2020 yang lalu seluruh siswa dan guru di Jawa Barat menggunakan pakaian adat ciri khas Sunda. Sebab pada hari itu merupakan Hari Bahasa Ibu Internasional (Internastional Mother Language Day).

Bahasa Ibu adalah bahasa yang pertama kali diajarkan oleh Ibunya terhadap anaknya. Misalnya orang Sunda, maka yang pertama diajarkannya adalah Bahasa Sunda, begitu juga dengan orang Betawi, Cirebon, Jawa, Bali, Melayu, Lampung, Batak, Ambon, Papua, Kalimantan, dan banyak lagi.

Hal itu pun diaplikasikan oleh seluruh siswa di Jawa Barat, tak terkecuali Sekolah Menegah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Pelaksanaannya sendiri di gelar di lapangan utama sekolahnya. Selain siswa sebanyak 1.905 mulai dari kelas X, XI, XII, ada juga beberapa guru dan tenaga kependidikan yang ada SMKN 1 Cisarua KBB. Mereka umumnya mengenakan pakaian tradisional khas Jawa Barat, untuk laki-laki mengenakan pangsi, sedangkan untuk perempuan menggunakan kebaya.

“Hal itu merupakan aplikasi di lapangan yang dilakukan atau dilaksanakan di SMKN 1 Cisarua KBB. Dalam rangka menghidupkan penggunaan Bahasa Sunda di kalangan siswa SMKN 1 Cisarua KBB ini,” kata Kepala SMKN 1 Cisarua KBB, Edi Gunawan di SMKN 1 Cisarua KBB, Jalan Kolonel Masturi No.300, Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Jumat (21/2/2020).

Edi mengatakan, orang Sunda harus menjadi bibit unggul di daerahnya, yang mendukung segala rupanya terkait kesundaan khususnya bahasa Sunda. Pihaknya akan terus mendukung program dan upaya agar bahasa “angger basa Sunda hirup hurip dina ngigelan jaman”.

“Orang Sunda sendiri harus memiliki identitas atau jati diri sebagai orang Sunda yaitu dengan selalu berbahasa Sunda dan berbudaya Sunda,” tegasnya.

Tercatat ada empat jurusan di SMKN Cisarua KBB, seperti akomodasi perhotelan, rekayasa perangkat lunak, administrasi perkantoran dan teknik kendaraan ringan. (okky adiana)