I Made Wirawan Sebut Tim Bertabur Bintang Belum Tentu Kuat

I Made Wirawan Sebut Tim Bertabur Bintang Belum Tentu Kuat
I Made Wirawan. (Net)

INILAH, Bandung - Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan tak merasa waswas menghadapi Liga 1 2020. Terlebih melihat kekuatan lawan yang diperkuat banyak pemain berkualitas.

Seperti halnya Bhayangkara FC dan Persija Jakarta. Kedua tim ini terlihat sangat jor-joran dalam merekrut pemain. Bahkan kedua tim ini rela menggelontorkan banyak anggaran demi mendatangkan pemain-pemain bintang. 

Bhayangkara FC sejauh ini sudah mendatangkan Ezechiel N'Douassel yang kabarnya memiliki nilai kontrak yang cukup tinggi. Lalu Ahmad Nur Hardianto, Andik Vermansah, Ruben Sanadi, Renan Silva, Lee Won-jae hingga Guy Herve.

Sementara Persija Jakarta mendatangkan Alfath Faathier, Otavio Dutra, Rafli Mursalim, Evan Dimas Darmono, Marc Anthony Klok, Marco Motta dan termasuk Osvaldo Haay.

"Dari segi transfer memang jor-joran. Tapi belum tentu dan belum pasti menjadi tim yang benar-benar kuat," ujar I Made Wirawan. 

Menurutnya, kekuatan tim akan teruji tergantung dari racikan pelatih. Benar saja, pada musim 2019 lalu, Madura United yang dihuni banyak pemain bintang dan disebut Los Galacticos Indonesia hanya mampu finish di peringkat ke-5 papan klasemen.

"Tergantung bagaimana pelatih meramu pemain, bisa atau nggak. Tergantung kesiapan pemain-pemainnya. Bisa saja tim dengan pemain bukan label bintang, tapi dengan kekompakan bagus bisa naik ke atas," tegasnya. 

Karena itu, kiper asal Bali ini belum dapat memprediksi kekuatan para peserta Liga 1 2020. Termasuk untuk tim yang memiliki kandadit terkuat menjadi juara. 

"Yang jelas kita belum tahu persaingan seperti apa, karena belum lihat tim lain seperti apa. Yang pasti persaingan tahun ini merata dan semua punya peluang sama. Tapi kalau dilihat pramusim, sesuai yang ditonton di televisi, Persebaya cukup menjanjikan. Tapi Persib siap. Persib setiap tahunnya selalu memiliki target juara," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)