Sony Xperia 1 II Debut dengan SD865 dan 5G

Sony Xperia 1 II Debut dengan SD865 dan 5G
istimewa

Sehubungan dengan pembatalan MWC 2020, Sony memiliki acara online untuk mengumumkan flagship barunya. Dijuluki Sony Xperia 1 II (dibaca Xperia One Mark Two), ponsel membawa chipset terbaru, pengaturan kamera dirubah, dan dukungan 5G.

Ponsel unggulan Sony tahun ini dibangun dengan panel OLED HDR 4K 6,5 inci dengan rasio sinematik 21:9.

Sony melewatkan layar refresh rate yang tinggi dan memilih untuk menerapkan Motion Blur Reduction. Ia mengklaim cocok dengan manfaat tampilan 90Hz dengan menganalisis apa yang ada di layar dan menyesuaikan masing-masing bingkai untuk mengurangi kelambatan bingkai.

Kali ini trio kamera diposisikan di sisi kiri, tidak seperti Xperia 1 awal yang memiliki pengaturan di tengah. Resolusi tidak berubah: 12MP utama + 12MP ultrawide + 12MP telefoto, tetapi pengaturan baru membawa sensor lebih besar dan lensa lebih cepat, yang untuk pertama kalinya membawa branding ZEISS.

Kamera yang menghadap ke depan tampaknya tidak berubah, unit 8MP yang duduk di bezel atas.

Modul teratas di belakang adalah kamera sudut ultrawide dengan panjang fokus setara 16mm dan aperture f/2.2 dan sensor 1/2.6″ dengan Dual-PD AF.

Lalu ada pemotret jarak jauh dengan panjang fokus setara 70mm, lensa f/2.4 OIS dan 1/3.4 dengan PD AF di tengah.

Kamera utama Sony Xperia 1 II memiliki sensor Exmor 1/1,7″ yang sangat besar dengan sensor Dual PD AF dan OIS. Ini juga memiliki lensa paling terang, f/1.7.

Terjepit di antara kamera utama dan telefoto adalah sensor 3D iTOF, yang seharusnya lebih membantu dengan kecepatan pemfokusan.

Berbicara tentang pemfokusan, Xperia 1 II hadir dengan Eye AF dari Xperia 1, hanya saja kali ini ia juga berfungsi pada hewan. Sony mengatakan ini adalah smartphone pertama yang dapat melakukan burst 20fps dengan pelacakan AF, yang berarti bahwa semua pemotretan dalam burst akan menjadi fokus.

Perusahaan Jepang dengan bangga mengumumkan kamera baru dikalibrasi oleh ZEISS khusus untuk ponsel Xperia, dengan ZEISS T* lapisan anti-reflektif yang sebelumnya hanya tersedia dalam lensa profesional. Ini seharusnya mengurangi efek ghosting ketika Anda memotret ke sumber cahaya.

Sony Xperia 1 II menjalankan Android 10 pada Snapdragon 865 dengan modem 5G yang bekerja pada jaringan Sub 6 GHz. Ponsel dibekali 8GB RAM dan 256GB penyimpanan UFS.

Ponsel diberi peringkat IP65/IP68 untuk perlindungan air dan debu dan memiliki 4.000mAh dengan dukungan pengisian nirkabel di dalamnya.

Xperia 1 II hadir dengan speaker stereo yang dikatakan sebagai peningkatan dari Xperia 1 dan juga membawa kembali jack audio 3.5mm. Ada juga sensor sidik jari di sisi kanan ponsel.

Sony Xperia 1 II akan keluar pada kuartal kedua tahun ini dalam warna Hitam dan Ungu di Eropa. Harga eceran adalah €1.200 atau setara Rp18 juta untuk konfigurasi memori 8/256. (selular.id)