Preview Napoli vs Barcelona, Neraka Naples!

Preview Napoli vs Barcelona, Neraka Naples!
Lionel Messi. (Net)

LIONEL Messi begitu bergairah menatap pertarungan kontra Napoli di Stadion San Paolo, Naples, Rabu (26/2) dini hari WIB. Ada apa La Pulga?

Ini duel leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Meski berstatus tim tamu, Barcelona jelas lebih diunggulkan ketimbang sang tuan rumah, Napoli. "Kami harus tetap fokus," ujar Messi.

Bagi penyerang Argentina ini, duel melawan Napoli sudah lama dia nanti-nantikan. Itu karena Messi mendengar dari mantan rekannya di timnas, Ezequiel Lavezzi yang pernah membela Napoli tentang dahsyatnya atmosfer di San Paolo. 

"Saya sudah lama ingin merasakan suasana saat bertanding di Stadion San Paolo, tetapi kami belum memiliki kesempatan untuk bertanding melawan mereka," ungkapnya.

Napoli dikenal punya fans fanatik. Setiap laga, para tifosi selalu memadati seantero stadion. Maka bagi tim tamu, Naples terkadang bak 'neraka' yang memberikan teror menakutkan. Messi pun tertantang untuk merasakannya.

"Namun akhirnya kami akan melawan Napoli. Ini waktunya untuk mengetahui atmosfer pertandingan di sana walaupun sekarang terdapat beberapa perbedaan karena perubahan skuat dan hal-hal lainnya," lanjut Messi.

Terlepas dari ambisi pribadinya, Messi meminta seluruh penggawa Los Azulgrana untuk fokus mengeluarkan performa terbaik.

Messi memang mengusung misi tinggi di panggung Liga Champions musim ini. Dia mengincar gelar juara setelah terakhir kali pada musim 2014-15 lalu. Setelah itu usaha mereka untuk sekedar mencapai final selalu berakhir dengan kekalahan tragis.

Pada musim 2017-18 misalnya, Barca melaju ke babak perempat final melawan AS Roma. Di leg pertama mereka menang 4-1 akan tetapi di leg kedua mereka kalah 3-0 dan akhirnya tersingkir karena aturan gol tandang.

Pada musim 2018-19, Barca bisa melaju lebih baik yakni sampai ke semifinal. Lawan mereka kali ini adalah Liverpool.

Di leg pertama di Camp Nou, Lionel Messi dkk sebenarnya menang telak 3-0. Namun di leg kedua di Anfield, mereka malah dipermak dengan skor 4-0.

“Untuk lolos, kami harus lebih stabil dalam permainan kami. Kami harus mempelajari hal-hal baru yang kami praktikkan sesegera mungkin. Kami harus lebih dapat diandalkan dan tidak melakukan kesalahan konyol seperti yang terjadi di Roma atau Liverpool," pungkas Messi.

Sementara itu Pelatih Napoli Gennaro Gattuso sudah mengantongi satu rencana untuk meredam Barcelona. Dia yakin, strateginya berjalan efektif.

"Barcelona adalah tim yang hebat, yang bisa memberikan masalah besar bagi kami. Untungnya, kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan kami akan memainkan kartu kami sendiri," ujar eks pelatih AC Milan tersebut.

Di Liga Champions, Napoli secara mengejutkan berhasil tampil gemilang. Mereka mampu mengalahkan Liverpool dan finis di peringkat dua Grup E dengan torehan 12 poin. Dries Martens dan kawan-kawan tiga kali menang dan tiga kali imbang, tanpa menelan kekalahan satu kali pun. (bsf)
 

HEAD TO HEAD
11/08/19: Napoli 0-4 Barcelona
08/08/19: Barcelona 2-1 Napoli
07/08/14: Napoli 1-0 Barcelona
23/08/11: Barcelona 5-0 Napoli

LIMA LAGA TERAKHIR NAPOLI
04/02/20: Sampdoria 2-4 Napoli
09/02/20: Napoli 2-3 Lecce
13/02/20: Inter 0-1 Napoli
17/02/20: Cagliari 0-1 Napoli
22/02/20: Brescia 1-2 Napoli

LIMA LAGA TERAKHIR BARCELONA
22/02/20: Barcelona 5-0 Eibar
15/02/20: Barcelona 2-1 Getafe
10/02/20: Real Betis 2-3 Barcelona
07/02/20: Athletic Bilbao 1-0 Barcelona
03/02/20: Barcelona 2-1 Levante

PRAKIRAAN PEMAIN
Napoli (4-3-3)

Ospina (GK) Lorenzo, Manolas, Maksimovic, Rui (B) Ruiz, Demme, Elmas (T) Politano, Mertens, Insigne (D)
Pelatih: Gennaro Gattuso
Barcelona (4-3-3)
Ter Stegen (GK) Semedo, Pique, Lenglet, Firpo (B) De Jong, Busquets, Arthur (T) Messi, Griezmann, Vidal (D)
Pelatih: Quique Setien