Pasca Tertutup Longsoran Batu, Jalur Cikajang-Pameungpeuk Lancar Kembali

Pasca Tertutup Longsoran Batu, Jalur Cikajang-Pameungpeuk Lancar Kembali
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Setelah sempat terputus akibat tertimpa longsoran bebatuan besar beberapa jam lamanya, jalur Cikajang Pameungpeuk kembali lancar, Selasa (25/2/2020).

Hal itu terjadi setelah alat berat didatangkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut tiba di lokasi, dan langsung membersihkan longsoran bebatuan besar itu dari badan jalan.

"Kita sudah mendatangkan alat berat ke lokasi. Mudah-mudahan segera sampai, dan jalur jalan pun bisa kembali dibuka," kata Kepala Dinas PUPR Garut Luna Aviantrini.

Terpisah, Camat Cikajang Undang Saripudin menyebutkan, saat ini, jalur jalan provinsi menghubungkan Kecamatan Cikajang dengan Kecamatan Cisompet, dan Pameungpeuk itu sudah kembali normal. Kendaraan roda empat maupun roda dua yang sebelumnya sempat terganggu dapat kembali melintas.

"Arus lalu lintas alhamdulillah sudah lancar," ujarnya.

Sebelumnya, jalur lalu lintas menghubungkan wilayah Kecamatan Cikajang dengan Kecamatan Cisompet-Kecamatan Pameungpeuk terputus, menyusul batu-batu berukuran besar longsor menimpa badan jalan tersebut di betulan Kampung Legok Desa Karamatwangi Kecamatan Cikajang sekitar pukul 15.50 WIB.

Kendaraan terutama roda empat pun tak bisa melintas. Baik kendaraan datang dari arah Cikajang menuju Pameungpeuk maupun sebaliknya dari Pameungpeuk menuju Cikajang.

Bebatuan berukuran besar pada tebing jalan itu berjatuhan menyusul hujan mengguyur wilayah Cikajang dan sekitarnya. Kendaraan yang hendak melintas di jalur tersebut sempat diarahkan mengambil jalan alternatif ke jalur Pakenjeng-Bungbulang.

Tidak ada korban dalam kejadian tersebut. (Zainulmukhtar)