Apa Beda Ade Barkah dengan Dedi Mulyadi?

Apa Beda Ade Barkah dengan Dedi Mulyadi?

INILAH, Bandung – Ade Barkah digadang-gadang menjadi calon kuat menempati posisi Ketua DPD Golkar Jawa Barat. Bilamana resmi terpilih, Sekretaris DPD Tk I Golkar Jabar tersebut dinilai akan memiliki unsur pembeda dengan pendahulunya, Dedi Mulyadi. 

Peneliti Center Survey Independen (CSI) Hadi Saiful Rizal mengatakan, unsur tersebut kelak terlihat dari pola kepemimpinan dan isu yang dibangun untuk Jawa Barat. 

Selama ini, Dedi Mulyadi mengedepankan isu kebudayaan dalam berbagai kesempatan. Termasuk, saat memimpin Golkar Jawa Barat. Sementara Ade Barkah, menurut dia, terlihat memiliki kepedulian lebih terhadap isu religius. Hal ini tidak terlepas dari latar belakang Ade yang berasal dari Kabupaten Cianjur. 

“Aspek keislaman (religiusitas) di Cianjur terasa lebih kental. Ini modal Kang AB untuk memimpin Gokar Jabar. Tentu saja, sifatnya meneruskan karena pola baik AB maupun DM harus berdasarkan AD/ART partai,” ujar Hadi via ponselnya, Rabu (26/2/2020).

Saat ditanya tentang prediksi perolehan suara Golkar di DPRD Jawa Barat pada Tahun 2024 nanti, Hadi enggan berkomentar. Menurut dia, kinerja dan pola kepemimpinan Ade Barkah selama lima tahun ke depan akan menjawab pertanyaan tersebut. 

“Saya belum bisa menjawab ini karena nanti berkaitan dengan kinerja partai secara holistik,” katanya. (rianto nurdiansyah)