PSSI dan Shin Tae-yong Segera Pantau Garuda Select

PSSI dan Shin Tae-yong Segera Pantau Garuda Select
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Jakarta - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong direncakan segera memantau para pemain Garuda Select yang saat ini sedang berlatih di Birmingham, Inggris.

Garuda Select angkatan kedua sudah empat bulan melakukan latihan di Eropa, yakni Inggris dan Italia. Mereka baru akan kembali ke Indonesia pada April mendatang.

Selain berlatih, Bagus Kahfi dkk. juga bertanding melawan tim-tim asal Inggris dan Eropa. Bahkan, di bulan keempat ini, mereka menghadapi tim-tim U-18 atau usia yang lebih tua dibandingkan para pemain Garuda Select.

Saat ini Shin sedang fokus mencari pemain bagus untuk membentuk timnas Indonesia U-20 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang di Indonesia.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, dalam waktu dekat Shin dan PSSI akan terbang ke Inggris dan memantau langsung para pemain Garuda Select angkatan kedua.

"Kami ingin secepatnya ke Garuda Select karena untuk melihat komposisi yang bisa main di U-20. Ini terbentur ada kick-off (Liga 1 2020) dulu," ujar Iriawan, di sela-sela launching Liga 1 2020.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, saat ini PSSI masih sibuk dengan urusan-urusan lain seperti persiapan Piala Dunia U-20. Iwan Bule sangat sibuk melakukan kunjungan ke kota-kota calon host cities Piala Dunia U-20.

"Ada kepentingan-kepentingan yang didahulukan oleh saya bukan tidak penting. Nanti akan dibagi oleh Shin Tae-yong, semua pelatih akan turun ke liga-liga untuk melihat pemain yang U-20, yang bisa diambil sama kami," katanya.

Penampilan Garuda Select selama pemusatan latihan bisa dibilang cukup apik. Selama bulan Februari, tim besutan Des Walker dan Dennis Wise melakoni empat laga dengan hasil dua kalah dan dua menang.