Inilah Harapan DPRD Kepada Komisioner KPID Terpilih

Inilah Harapan DPRD Kepada Komisioner KPID Terpilih
Foto: Yuliantono

INILAH, Bandung – Pasca dibentuknya tim seleksi (Timsel) harapan besar digantungkan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat kepada komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (DPRD) periode 2020-2023 yang bakal terpilih.

Ketua Komisi I DPRD Jabar Bedi Budiman mengatakan, pihaknya berharap komisioner yang sudah diseleksi dan dipilih melalui proses fit and proper test. Diharapkan, mereka yang terpilih dapat membangun penyiaran menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Saya sudah cukup berkeliling, seperti ke Jawa Tengah dan Banten. Mereka menaruh hormat dengan KPID Jabar karena prestasi dan inovasi yang sudah mereka lakukan. Kami harap, para komisioner periode nanti yang terpilih bisa lebih baik lagi. Terutama memiliki kepekaan, terhadap media penyiaran yang meresahkan masyarakat. Para komisioner ini selaku pengawas, harus bisa lebih peka. Soalnya KPID ini mewakili masyarakat. Kalau masyarakat jadi korban, KPID ini harus bertindak,” ujar Bedi dalam konperensi pers pengumuman pembentukan Timsel di ruang Badan Anggaran (Banggar) DPRD Jabar, Rabu (26/2/2020).

Apalagi, kata Bedi, nantinya pekerjaan KPID bakal bertambah jika aturan terkait media internet sudah resmi disahkan. Sebab menurutnya, internet relatif lebih riskan.

“Sekarang ini juga tengah dgodok perundangan terkait platform internet. Nantinya ini juga harus jadi concern. Soalnya sekarang masyarakat lebih cenderung ke internet daripada media penyiaran lain seperti televisi dan radio. Ini juga harus lebih diperhatikan, diawasi,” sambungnya.

Selain itu Bedi juga memastikan, tujuh komisioner yang terpilih nanti adalah orang yang kompeten dan kredibel di bidang penyiaran.

“Kami pastikan pengondisian atau titipan orang tidak akan pernah terjadi. Tidak ada kepentingan disini. Kami juga jamin tidak ada partisan (partai). Kami dari Komisi I berharap dapat memilih calon terbaik, yang sesuai tupoksi-nya,” lanjut Bedi.

Hal senada diungkapkan anggota Komisi I Sadar Muslihat. Hanya saja dia berharap, para komisioner KPID nantinya dapat lebih sering memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada media penyiaran yang sudah membuat konten positif dalam membangun daerah.

“Sejauh ini, komisioner KPID menurut saya lebih bagus dibanding daerah lain. Tetapi kami berharap ada inovasi tambahan yang dilakukan oleh para komisioner nantinya. Seperti memberikan apresiasi terhadap produk penyiaran yang baik. Kami harap pemberian award untuk media penyiaran, lebih sering. Supaya media penyiaran ini lebih terpacu untuk memberikan sajian yang baik untuk masyarakat. Jangan seperti sekarang, siaran lokal apalagi dari televisi nasional sangat kurang. Kontennya itu-itu saja. Mudah-mudahan komisioner nanti bisa memperbaiki ini,” harap Sadar.

Sadar meyakini, dengan proses seleksi yang baik, dapat dipastikan akan melahirkan komisioner berintegritas dan diharapkan mampu memperbaiki penyiaran di Jawa Barat.

“Kami harap, dari proses seleksi kali ini dapat melahirkan komisioner yang berintegritas dan kompeten di bidangnya. Sehingga nanti bisa membangun media penyiaran kita lebih baik lagi,” tutupnya. (Yuliantono)