Alberts Pastikan Persib Siap Tempur Lawan Persela

Alberts Pastikan Persib Siap Tempur Lawan Persela
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts klaim timnya dalam keadaan siap tempur menghadapi Persela Lamongan di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (1/3/2020).

Bahkan kata Robert, sejauh ini masa persiapan yang dilakukan sudah berakhir. Para pemain hanya tinggal berlatih secara ringan untuk bisa tampil maksimal di laga yang akan digelar tepat pukul 18.30 WIB itu. 

"Kami sudah melihat ke depan. Latihan ringan setelah melakukan latihan berat sebelumnya dan kemarin kami berlatih memanah untuk melatih pemain fokus pada target. Kami sudah siap, kami siap memulai Liga pada hari Minggu," kata Robert di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (27/2/2020). 

Pelatih asal Belanda ini pun mengaku sudah mengantongi kekuatan Persela. Itu dilihatnya saat tim berjulukan Laskar Joko Tingkir itu mengikuti turnamen Gubernur Jatim 2020. 

"Tapi hasil pramusim bukan soal hasil, tapi bagaimana membangun tim dan kadang justru bagus ketika menelan kekalahan di pramusim. Karena bisa menjadi pembelajaran dari kesalahan yang dilakukan," tuturnya. 

Sebaliknya, kata Robert jika kerap meraih kemenangan di setiap pertandingan pramusim, bukan tidak mungkin akan mengalami kekalahan di laga sebenarnya.

"Seringkali melihat tim besar kalah di pramusim karena mereka melakukan banyak percobaan, seperti formasi baru, pemain baru dan memang butuh waktu untuk membangun itu," katanya.

Karena itu, Robert tak melihat hasil Persela di pramusim, termasuk dengan timnya ataupun klub lainnya. Sebab permainan maksimal tergantung dari kesiapan pemainnya itu sendiri. 

"Sepanjang saya melihat pemain fit dan sepanjang saya melihat pemain dalam sikap yang positif, itu yang hal yang menurut saya paling penting," bebernya.

Robert sebenarnya tak terlalu memikirkan kekuatan lawan. Ia hanya ingin fokus pada timnya sendiri. Alasannya karena setiap tim memiliki masa persiapan yang berbeda-beda. 

"Jadi mereka punya persiapan mereka sendiri dan tidak peduli dengan siapa kami bermain, kami juga tidak memikirkan dimana stadion yang akan kami gunakan, kita lihat dimana stadionnya karena saya dengar hari ini ada peninjauan. Tapi yang paling penting kami sebagai tim dalam kondisi yang siap dan kami sebagai tim siap bermain di hadapan Bobotoh yang ingin tahu bagaimana tim pada musim ini. Dan pemain pemain juga ingin menunjukan yang terbaik Minggu nanti. Jika kami serius untuk mendapatkan musim yang bagus, kami harus memulainya dengan baik hari Minggu dan kami melihat ke depan untuk itu," jelasnya.

Robert memastikan tidak mempermasalahkan dimana timnya menjalani laga kandangnya. Yang terpenting tidak digelar di Stadion Siliwangi maupun Stadion SPOrT Jabar, Arcamanik. 

"Tentunya memang di sini (GBLA) tetap tempat dengan lapangan terbaik dan atmosfer yang terbaik, kami harus akui itu. Pemain merasa nyaman ketika bermain di lapangan GBLA," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)