Fans Sumpahi Griezmann Mati, Atletico Didenda

Fans Sumpahi Griezmann Mati, Atletico Didenda
Antoine Griezmann. (Net)

INILAH, Madrid - Atletico Madrid harus menanggung denda yang dijatuhkan oleh Federasi Sepakbola Kerajaan Spanyol (RFEF) atas ulah fans yang meneriakan kata-kata kasar kepada pemain lawan.

Insiden tersebut terjadi saat Atletico menelan kekalahan 0-1 dari Barcelona di Wanda Metropolitano Stadium pada Desember 2019. Laga tersebut jadi kunjungan perdana Griezmann ke markas mantan klubnya sejak bergabung dengan Barca di awal musim ini.

Sayangnya, penyerang asal Prancis tak mendapat sambutan hangat dari fans Atletico. Dia malah jadi sasaran ejekan serta caci maki para fans tuan rumah, mereka masih menaruh kekecewaan saat penyerang 28 tahun memutuskan hengkang di akhir musim.

Bahkan, di salah satu tribun stadion terdengar nyanyian dengan kata-kata kasar diarahkan pada Griezmann. "Mati Saja Griezmann Mati" demikian isi chants tersebut.

Aksi tak terpuji fans Atletico kemudian masuk dalam laporan wasit dan ditindaklanjuti oleh Komite Disiplin RFEF. Setelah menjalani persidangan, Komite Disiplin dan Etik RFEF menyatakan Atletico bersalah karena tidak bisa mengatur suporternya. Mereka harus diharuskan membayar denda sebesar 12 ribu Euro (184 juta Rupiah).

RFEF menaruh perhatian secara serius terhadap chants-chants berbau ofensif sejak seorang fan Deportivo La Coruna tewas sebelum pertandingan tandang melawan Atletico pada 2014 lalu. Penyebabnya, fan tersebut meninggal dunia setelah terjadi keributan yang disebabkan nyanyian-nyanyian provokatif.