Dua Bulan, Jokowi Tangkap 100 Pembuang Sampah dan PKL Liar

Dua Bulan, Jokowi Tangkap 100 Pembuang Sampah dan PKL Liar
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Cibinong - Pada dua bulan awal 2020 ini, Satpol PP Kabupaten Bogor berhasil menangkap pelanggar Perda Nomor 2/2014 tentang pengendalian sampah dan Perda Nomor 4/2015 tentang ketertiban umum. Mereka kebanyakan ditangkap pasukan penegak Perda saat Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kecamatan Cibinong dan Bojonggede.

"Di bulan Januari lalu, kami menangkap tangan 49 pelanggar. Di bulan ini kami menangkap 51 pelanggar. Para pelanggar Perda ini kebanyakan ditangkap karena membuang sampah sembarangan. Selain itu, karena para PKL (pedagangan kaki lima) itu berdagang di area larangan berdagang," kata Joko Widodo, Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Kabupaten Bogor, Kamis (27/2/2020).

Pria yang akrab disapa Jokowi ini menerangkan, para pembuang sampah sembarangan dan pelanggar ketertiban umum itu dikenai sanksi denda Rp50-100 ribu yang diputuskan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Kelas I Cibinong.

Selain menangkap tangan para pembuang sampah sembarangan, upaya lain untuk mengurangi tumpulkan sampah liar di jalan raya itu Pemkab Bogor pun menempatkan ratusan tempat sampah di wilayah Cibinong Raya. (Reza Zurifwan)