Tutup Usia, Pencipta Cheat di Game Buatan Konami

Tutup Usia, Pencipta Cheat di Game Buatan Konami
istimewa

INILAH, Tokyo - Pencipta cheat di game buatan Konami sejak era konsol Nintendo, Kazuhisa Hashimoto, dilaporkan meninggal dunia dalam usia 61 tahun.

Cheat adalah sejenis cara yang merupakan solusi awal untuk membantu pemain yang baru saja memulai bermain game.

Mengutip Washington Post, kabar meninggalnya Hashimoto pertama kali diumumkan di Twitter oleh rekan sesama pembuat game, Yuji Takenouchi.

Konami, perusahaan game asal Jepang yang mempekerjakan Hashimoto, juga menyampaikan belasungkawa di Twitter.

"Kami sedih mendengar tentang meninggalnya Kazuhisa Hashimoto, seorang produser yang sangat berbakat yang pertama kali memperkenalkan dunia pada 'Konami Code'. Beristirahatlah dalam Kedamaian," kata Konami dalam pernyataannya.

'Konami Code' pertama kali diimplementasikan dalam game menembak Gradius (1986) yang terkenal dengan kesulitannya.

Hashimoto bertanggung jawab untuk mengubah game dari arcade ke konsol Nintendo Entertainment System, tetapi menemukan game itu terlalu sulit untuk dikalahkan, sehingga ia membuat kode untuk memberi lebih banyak nyawa (lives) pemainnya.

Kode ini semakin terkenal lewat game Contra (1988), permainan penembak yang juga terkenal sulit, di mana 'Konami Code' dapat memberikan 30 nyawa bagi pemain.

Total ada lebih dari 100 game buatan Konami yang mendukung cheat ini. 22 gim buatan perusahaan lain juga menggunakan cheat yang sama.

Tujuan asli dari kode itu adalah untuk membantu pemain untuk menang.

Yang membuat kode cheat ini begitu ikonis adalah bagaimana pemain harus mencari tahu sendiri kode tersebut, mengingat masih belum ada akses internet komersial dan kuat di tahun 1980-an.

Untuk mengetahui kodenya, pemain harus mengenal seseorang yang tahu, atau setidaknya berlangganan/membeli majalah yang memberi tahu pemain cara melakukannya. (inilah.com)

# TAG