Ini Tanggapan Robert Alberts Soal Mundurnya Umuh Muchtar Sebagai Manajer Persib

Ini Tanggapan Robert Alberts Soal Mundurnya Umuh Muchtar Sebagai Manajer Persib
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Keputusan Umuh Muchtar untuk melepaskan posisinya sebagai manajer Persib Bandung diluar dugaan. Pasalnya saat Launching tim, pria yang akrab disapa Pak Haji itu masih dianggap sebagai manajer tim.

Bahkan ia diminta untuk memberikan sambutan. Namun sehari setelah launching, Umuh memutuskan mundur dari manajer Persib. 

Menyingkapi hal itu, Pelatih Persib, Robert Rene Alberts memilih bungkam. Sebab pelatih asal Belanda ini merasa belum mendengar kepastian kabar pengunduran Umuh sebagai manajer tim. 

"Saya belum mendengar itu jadi saya belum bisa berkomentar. Dan hal seperti itu lebih baik ditanyakan kepada manajemen dan Pak Umuh sendiri tentunya. Untuk hal itu saya tidak akan komentar, karena itu di luar kendali saya," tegas Robert. 

Meski demikian, pelatih berusia 64 tahun ini mengatakan bahwa posisi manajer di Eropa sudah merangkap menjadi pelatih dengan sebutan manager coach. 

"Di Inggris, di Belanda dan dimanapun seperti itu," katanya. 

Namun, lanjutnya di Indonesia, posisi manajer masih dipisahkan. Bahkan dengan tugas yang berbeda. Ini juga berlaku di hampir seluruh klub di negara-negara Asia. 

"Di Asia memang berbeda karena ada manajer tim dengan peran yang spesifik dan pelatih juga dengan peran yang spesifik, tapi saya rasa beberapa tim sudah mulai melakukan itu (manager coach) seperti Selangor dan JDT," tuturnya. 

Umuh sendiri mundur tepat pada Rabu (26/2/2020). Umuh terpaksa mundur karena desakan keluarga. Keluarga tak tega karena Umuh kerap mendapatkan kritikan disertai fitnah oleh segelintir Bobotoh karena dianggap memanfaatkan posisinya sebagai manajer tim. (Muhammad Ginanjar)