Persib Miliki 8 Pemain Asing, Ini Komentar Robert Alberts

Persib Miliki 8 Pemain Asing, Ini Komentar Robert Alberts
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Skuat Persib Bandung tak mengalami perubahan. Tim berjulukan Maung Bandung ini tetap berkekuatan 26 pemain dalam menghadapi musim 2020.

Skuat ini sempat disindir pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman. Tepatnya saat laga persahabatan 11 Februari lalu, pelatih yang akrab disapa Djanur ini merasa berhadapan dengan tim luar negeri.

Pasalnya, Persib memiliki delapan pemain asing. Empat pemain yakni Nick Kuipers (Belanda), Omid Nazari (Filipina), Wander Luiz (Brasil) dan Geoffrey Castillion (Belanda). Sementara empat pemain asing lainnya sudah di naturalisasi, yakni Victor Igbonefo (Nigeria), Fabiano da Rosa Beltrame (Brasil), Kim Jeffrey Kurniawan (Jerman) dan Esteban Gabriel Vizcarra (Argentina). 

Bahkan kedelapan pemain ini diturunkan bersama. Alhasil Persib hanya diperkuat dengan tiga pemain lokal yang beroperasi sebagai kiper, full back dan winger. 

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts mengaku merasa bagus dengan komposisi pemain yang banyak dihuni pemain asing. Ini dipastikan akan membawa dampak positif untuk tim. 

Terlebih para pemain naturalisasi ini memiliki kualitas, meski sebagian besar sudah masuk dalam kategori pemain yang sudah tak lagi muda. 

"Kim sebagai contoh, bagi saya dia lebih seperti pemain lokal. Fabiano juga bagi saya pada prinsipnya seperti pemain lokal karena sudah lama berada di sini di hidupnya dan dia juga tidak bermain selama satu musim di musim lalu," kata Robert. 

Khusus untuk Fabiano, pelatih asal Belanda ini perlu mengapresiasnya. Di usianya yang sudah memasuki 37 tahun, bek asal Brasil ini masih bisa bersaing untuk mendapatkan tempat bermain di Persib. 

"Normalnya pemain dengan usia seperti Fabiano akan kesulitan, tapi masih mendapat tempat dan kesempatan dari klub untuk tetap bermain dan kami juga harus memberi apresiasi terhadap kesetiaannya kepada Persib dan juga Bobotoh, dia pantas mendapatkan itu," tuturnya.

Robert juga merasa perlu memberikan apresiasi kepada dua pemain naturalisasi lainnya yakni Esteban Vizcarra dan  Victor Igbonefo.

"Esteban juga sebelumnya sudah menjadi pemain naturalisasi, Victor juga. Jadi saya tidak melihat masalah besar terkait naturalisasi ini," jelasnya. (Muhammad Ginanjar)