Novendra Raih Gelar GM Kedelapan untuk Indonesia

Novendra Raih Gelar GM Kedelapan untuk Indonesia
Ilustrasi (Antara)

INILAH, Jakarta - Penantian 16 tahun Indonesia untuk melahirkan lagi pecatur bergelar Grand Master (GM) akhirnya terwujud melalui Novendra Priasmoro setelah meraih gelar Grand Master usai mencetak kemenangan pada babak ketujuh turnamen catur Liberec Open 2020 di Liberec, Republik Ceko, Kamis malam atau Jumat WIB.

Gelar GM yang diraih Novendra adalah gelar GM kedelapan yang dibukukan pecatur Indonesia. Terakhir gelar tertinggi untuk olahraga asah otak ini diraih Susanto Megaranto pada 2004.

Adapun peraih gelar GM sebelumnya adalah Herman Suradiradja, Ardiansyah, Utut Adianto, Edhi Handoko, Cerdas Barus, dan Ruben Gunawan

"Akhirnya jadi GM juga setelah 4 kali nyaris tapi gagal terus. Dua kali gagal di Praha Open, sekali pada dwitarung Jakarta Open dan sekali di kejuaraan dunia junior tahun 2018 saat cuma butuh dua poin rating saja. Saat itu, rating saya sudah 2498," kata Novendra melalui pesan singkat WA.

Pada babak 7 turnamen catur Liberec Open yang berlangsung di Liberec, Novendra mencatat kemenangan ketujuhnya dengan mengalahkan IM Klaudia Kulon (2335) dari Polandia. Novendra menang pada langkah 25 pembukaan Serangan Trompowsky. Kemenangan ini memperkokoh dirinya sebagai pemimpin klasemen sementara dengan angka sempurna 7 poin.

Kemenangan ini juga memastikan tambahan poin rating sebanyak 11 poin, sehingga persyaratan poin rating untuk meraih gelar GM sebesar 2500 terlampaui oleh pecatur berusia 21 tahun tersebut. Sebelumnya Novendra memiliki elo rating 2493.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem, yang mendapingi pecatur Indonesia di Ceko, mengatakan sangat bersyukur Novendra bisa mewujudkan target menjadi pecatur Indonesia kedelapan bergelar Grand Master.

"Selamat untuk Novendra yang diproyeksikan meraih GM dengan durasi tiga tahun semoga menjadi motivasi bagi pecatur muda Indonesia lainnya," kata Kristianus Liem.

Pada turnamae Liberec Open ini, Novendra Priasmoro masih akan menjalani dua babak lagi, yakni babak delapan dan sembilan. Novendra menargetkan merebut 1,5 poin untuk memastikan gelar juara. Pada babak 8, Novendra akan bertemu IM Akash G (2449) dari India yang pekan lalu menjadi Juara Praha Open 2020. (antara)